Sama-sama Lulus 1985, Nomor Seri Ijazah UGM Jokowi Dipertanyakan: Kok Beda?
Presiden Jokowi. [Kontributor Suarajogja.id/Putu]
13:08
7 Oktober 2024

Sama-sama Lulus 1985, Nomor Seri Ijazah UGM Jokowi Dipertanyakan: Kok Beda?

Keaslian ijazah Universitas Gadjah Mada (UGM) milik Presiden Jokowi kembali dipertanyakan oleh warganet menjelang akhir masa jabatannya.

Setelah riwayat pendidikan semasa SMA yang berbeda dari informasi yang beredar, kini nomor seri pada ijazah tersebut menjadi sorotan publik.

Dalam gambar yang beredar, terdapat perbandingan ijazah milik Jokowi dengan milik orang lain yang sama-sama lulusan UGM pada 1985.

Foto kolase yang dibagikan ulang oleh akun X @siregar_najeges itu menyorot perbedaan pada nomor seri dalam ijazah tersebut. Ijazah milik orang lain diketahui dikeluarkan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM pada 5 Desember 1985.

Baca Juga: RI Alami Deflasi 5 Kali Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Dalam ijazah tersebut, terdapat nomor seri yang tertera di bagian kanan atas yang menunjukkan pendataan pada ijazah masing-masing mahasiswa. Selain itu, terdapat nomor urut lainnya yang tercetak di bagian kiri atas.

Namun jika diperhatikan, nomor seri dalam ijazah UGM milik Jokowi berbeda. Alih-alih memiliki deretan nomor yang panjang, nomor seri yang tercetak di ijazah UGM Jokowi hanya memiliki empat angka. Tak hanya itu, tak ada nomor urut lainnya di kiri atas seperti yang terlihat pada ijazah UGM milik orang lain.

Cuitan warganet soal nomor seri ijazah milik Jokowi. [X/@siregar_najeges]Cuitan warganet soal nomor seri ijazah milik Jokowi. [X/@siregar_najeges]

"Nomor seri...?!" cuit pemilik akun X tersebut dalam kolom keterangannya.

Di sisi lain, publik juga menyoroti warna ijazah UGM milik Jokowi yang dinilai seperti hasil fotocopy.

Unggahan yang kini telah disukai sebanyak lebih dari 1.000 kali oleh sesama pengguna X itu pun menuai beragam komentar. Sebelumnya, warganet juga mempertanyakan perbedaan struktur gigi atas pada foto lawas Jokowi saat masih menjadi mahasiswa UGM dan penggunaan kacamata dalam aturan foto ijazah.

Baca Juga: Tensi Panas Pendukung Dedie vs Sendi Saat Debat, Pengamat: Jangan Pertontonkan Kejelekan Dong!

"Kok beda ya?" cuit akun @_L0**

"Masa sih ijazah keluaran UGM pada tahun yang sama, kok nomor seri formatnya beda jauh. Yang ijazah kuning, memakai penomeran standar dokumen. Yang foto copyan penomerannya seperti nomor togel saja," komentar @nawa**********

"Terdapat kejanggalan ijazah yang letaknya di bawah, antara lain: 1) Tidak ada nomor seri ijazah. 2) Tulisan yang lain huruf besar, tulisan Surakarta dan nama hanya depannya yang huruf besar. 3) Foto ijazah pakai kacamata, aturannya tidak boleh pakai kacamata atau aksesoris wajah lainnya," tambah @anak********

"Tulisan tangan vs komputer," sahut @jaa*******

"Kok bisa ya nomor serinya bisa nggak jelas banget kayak gitu?" timpal @but**

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #sama #sama #lulus #1985 #nomor #seri #ijazah #jokowi #dipertanyakan #beda

KOMENTAR