Adu Gaya Kampanye: Ridwan Kamil-Suswono Gunakan AI, Pramono-Rano Pilih Animator, Mana Lebih Memikat?
Kolase Ridwan Kamil dan Pramono Anung. (Instagram)
12:24
7 Oktober 2024

Adu Gaya Kampanye: Ridwan Kamil-Suswono Gunakan AI, Pramono-Rano Pilih Animator, Mana Lebih Memikat?

Memasuki masa kampanye Pilkada Jakarta 2024, para pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur semakin menjadi sorotan warganet di media sosial. Baru-baru ini, publik memberikan atensi pada perbedaan gaya kampanye pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dengan Pramono Anung dan Rano Karno.

Dalam unggahan yang dibagikan oleh akun X @karimkanaeru pada 6 Oktober 2024, pemilik akun tersebut membagikan kembali dua video yang merupakan buatan tim Ridwan Kamil dan Pramono Anung dalam mendukung Kota Jakarta.

Video di sebelah kiri memiliki tagline Jakarta Baru Jakarta Maju dan menampilkan sejumlah gambar yang memperlihatkan wajah Kota Jakarta dalam visual yang dibuat oleh AI atau kecerdasan buatan. Video tersebut merupakan kampanya dari tim Ridwan Kamil dan Suswono.

Sementara pada video di sebelah kanan, tampak jargon yang diusung adalah Jakarta Menyala dengan ilustrasi khas kartun. Gaya pembuatan video kedua kandidat ini lantas menjadi sorotan karena pasangan Ridwan Kamil-Suswono dinilai tidak menghargai para ilustrator dan lebih memilih AI.

Baca Juga: Banyak Kartu Sakti Untuk Warga Jakarta, Ridwan Kamil: ke Depan Jadi Satu, Namanya Kartu Kamu

"Iklan kampanye RK-Sus vs Pram-Doel. Yang satu pakai AI, yang satu ngehire animator yang setidaknya lebih menghargai pekerja kreatif. Artists and illustrators, tau kan jangan pilih yang mana?" cuit pemilik akun tersebut.

Polemik penggunaan AI dalam ranah pembuatan desain dan ilustrasi sendiri memang menjadi musuh bagi para ilustrator sejak lama karena kecerdasan buatan dinilai akan mematikan kreativitas.

Unggahan tersebut pun menuai beragam komentar dari publik. Tak sedikit warganet yang juga menyoroti penggunaan alat pembuatan video antara pasangan Ridwan Kamil dan Pramono Anung.

"Wanj** itu iklannya RIDO modal Capcut doang, anggaran kampanyenya berapa sih," komentar @eve*******

"Ini kebanyakan kubunya 02 pada pakai gambar hasil dari AI ya..." tambah @ooo*****

Baca Juga: Kena Skak Pram Soal Disabilitas Sulit Sewa Gedung di Bandung, RK Minta Maaf: Nobody Perfect

"Ada yang DM gue katanya emang Rano Karno ini lebih memperhatikan budayawan dan artist karena background dia juga begitu," sahut @bud**********

"Gue kalau nyimak omongan antara RK dan Rano, lebih ngerti penataan kota si Rano daripada RK," timpal @seka*_*****

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #gaya #kampanye #ridwan #kamil #suswono #gunakan #pramono #rano #pilih #animator #mana #lebih #memikat

KOMENTAR