Tak Cuma Pamer AI, Apple Gencar Kenalkan Kemampuan Kontrol Kamera
Camera Control pada iPhone 16 Pro. (YouTube Apple)
19:56
6 Oktober 2024

Tak Cuma Pamer AI, Apple Gencar Kenalkan Kemampuan Kontrol Kamera

Apple sepertinya sangat bangga dengan fitur anyar Kontrol Kamera (Camera Control). Usai menggulirkan iklan yang menonjolkan Apple Intelligence, perusahaan kini mempromosikan fitur kamera.

Postingan video mengenai kemampuan Kontrol Kamera pada iPhone 16 Pro sudah diungggah di kanal YouTube resmi Apple.

Sebagai pengingat, Samsung mengiklankan fitur kecerdasan buatan berupa Galaxy AI di berbagai saluran secara masif usai merilis Galaxy S24 series pada Januari 2024.

Apple sekarang memilih pendekatan agak berbeda dengan memamerkan fitur kamera. Menggeser tombol khusus kamera memungkinkan Anda memilih apa yang ingin Anda lakukan.

Baca Juga: Bye-bye Stalker! HyperOS 2.0 Bawa Fitur Blur Aplikasi Canggih

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menggunakannya untuk mengatur zoom. Dan tentu saja, Anda mengambil foto dengan menekannya. Anda juga bisa mengubah rona dan menyesuaikan pencahayaan pada hasil jepretan foto.

Menariknya, iklan ini hanya menyoroti iPhone 16 Pro, meskipun keempat model iPhone 16 memiliki Kontrol Kamera. Dikutip dari GSMArena, iklan terbaru Apple menampilkan logo T-Mobile yang menyiratkan semacam kolaborasi.

Tombol Kontrol Kamera dapat dioperasikan menggunakan jempol sehingga lebih praktis. Fitur ini mampu menjalankan sejumlah fungsi berbeda saat mengambil gambar dan video. Berikut sejumlah cara dalam memakai Kontrol Kamera:

  • Klik sekali: Smartphone akan membuka aplikasi Camera atau aplikasi pihak ketiga.
  • Klik sekali (dalam posisi kamera terbuka): Ambil foto.
  • Klik dan tahan: Buka aplikasi kamera, mulai merekam video.
  • Tekan ringan (buka kontrol seperti zoom): Tombol ini akan mengunci fokus dan pencahayaan (akan hadir pada update terbaru) untuk membingkai ulang bidikan tanpa kehilangan fokus.
  • Tekan ringan dua kali: Buka menu pratinjau kamera untuk memilih kontrol yang berbeda seperti pencahayaan atau kedalaman bidang.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, Apple hanya membukukan penjualan 37 juta unit pada pre-sale iPhone 16 series. Angka ini turun 12 persen secara YoY dibanding generasi pendahulu sehingga menyiratkan penurunan permintaan.

Iklan anyar Apple kemungkinan merupakan strategi perusahaan agar penjualan iPhone 16 series sesuai target. Setelah mengalami penurunan cukup besar di China, Apple tentu tak senang bila penjualan di pasar internasional tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Apple Siap Meluncurkan iPhone SE Terbaru di Awal 2025, Boyong Teknologi Face ID

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #cuma #pamer #apple #gencar #kenalkan #kemampuan #kontrol #kamera

KOMENTAR