Siap-siap Aturan Baru Backup Pesan di WhatsApp, Berpotensi Bikin Pengguna Keluar Duit
Ilustrasi: Platform WhatsApp. (Trenggo).
11:44
24 Januari 2024

Siap-siap Aturan Baru Backup Pesan di WhatsApp, Berpotensi Bikin Pengguna Keluar Duit

Dalam beberapa bulan mendatang, perubahan signifikan akan terjadi pada pengguna Android yang mengandalkan Google Drive untuk melindungi obrolan WhatsApp mereka. WhatsApp sempat mensosialisasikan Pengumuman Layanan Masyarakat (PSA) beberapa waktu lalu. 

Kini, prediksi tersebut menjadi kenyataan. Perkembangan ini, yang pertama kali diumumkan pada pertengahan November lalu saat ini sedang berlangsung bagi pengguna yang berpartisipasi dalam inisiatif pengujian beta WhatsApp.   Dilansir dari Phone Arena, penguji beta memunculkan laporan yang mengkonfirmasi bahwa kuota penyimpanan Google Drive kini memperhitungkan cadangan obrolan dan media mereka. Artinya, penyimpanan yang digunakan oleh cadangan ini akan berkontribusi pada batas keseluruhan yang diberlakukan oleh penyimpanan Akun Google untuk pengguna gratis.  

  Catat, penyimpanan gratisan ini dibatasi hingga 15 GB saja. Kuota 15 GB tersebut mencakup semua data yang disimpan di Google Drive. Termasuk Google Foto, dan Gmail, yang mencerminkan pengalaman pengguna iPhone dan iOS di WhatsApp.   Perbedaannya terletak pada kenyataan bahwa pengguna iOS menghadapi tingkat penyimpanan cloud gratis yang lebih terbatas. Ini hanya 5 GB dibandingkan dengan 15 GB yang lebih besar yang ditawarkan oleh Google.    Perubahan dalam perlakuan pencadangan ini tidak terjadi secara langsung pada semua pengguna Android. Sebaliknya, ini dijadwalkan akan diterapkan oleh Meta , perusahaan induk WhatsApp, pada paruh pertama tahun 2024. Untuk memfasilitasi transisi yang lancar, pengguna akan diberi tahu 30 hari sebelumnya.   

  Mereka akan mendapatkan spanduk dalam pengaturan Cadangan Obrolan aplikasi. Bagi mereka yang memilih untuk tidak menghabiskan penyimpanan Google Drive mereka dengan data WhatsApp, tersedia strategi alternatif. Atau jika tidak, mereka berpotensi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kuota pencadangan tambahan di Google Drive.   Salah satu opsinya adalah memilih cadangan lokal dan memanfaatkan alat Transfer Obrolan WhatsApp bawaan untuk memigrasikan data ke perangkat baru dengan mudah. Cara lain adalah dengan menerapkan pendekatan hemat ruang dengan hanya mencadangkan pesan teks, sehingga tidak termasuk file media.    Ketika lanskap pencadangan WhatsApp mengalami perubahan transformatif ini, pengguna harus mencari alternatif ini untuk mengoptimalkan preferensi penyimpanan mereka. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #siap #siap #aturan #baru #backup #pesan #whatsapp #berpotensi #bikin #pengguna #keluar #duit

KOMENTAR