Disukai Raffi Ahmad, Pembelaan UIPM Panen Nyinyiran Netizen
Raffi Ahmad. (Instagram/raffinagita1717)
19:48
2 Oktober 2024

Disukai Raffi Ahmad, Pembelaan UIPM Panen Nyinyiran Netizen

Kabar bahwa artis Raffi Ahmad menerima gelar kehormatan Doctor Honoris Causa (Dr. HC) dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) viral menjadi perbincangan. Usai menerima banyak komentar miring, beredar surat somasi serta pembelaan dari UIPM.

Meski begitu, pembelaan dari Universal Institute of Professional Management justru memancing lebih banyak nyinyiran publik. Berdasarkan utas yang viral sebelumnya, netizen menemukan bukti bahwa alamat kampus yang dibagikan ternyata merupakan hotel atau apartemen di Thailand.

Penelusuran dari Webometrics, QS World University Rankings, dan BAN-PT bahkan tidak ditemukan data terkait Universal Institute of Professional Management (UIPM).

Akun X @awwapasie membagikan tangkapan layar yang diduga merupakan somasi untuk netizen. "Kampusnya Raffi Ahmad mau mensomasi netizen yang katanya nyebar fitnah," tulis @awwapasie.

Baca Juga: Video Prabowo Ngaku Punya Kesamaan Visi dengan Jokowi Viral Lagi, Netizen Perang Komentar

Postingan Instagram @uipmun nampak disukai oleh akun Raffi Ahmad. Dalam salah satu pembelaan, UIPM mengklaim bahwa kampus mereka 100 persen online sehingga tak memiliki bangunan fisik.

"UIPM didirikan Full 100 persen Online. Yang Dikelolah secara Global Managing, Global Students, dan Global Education. UIPM tersebar di beberapa negara, saat ini UIPM yang berkantor di Ebina House Thailand, Vibhavadi Rangsit 64 Yeak 3 Alley, Talat Bang Khen, Lak Si, Bangkok 10210, Thailand bukan kampus, sebab UIPM murni 100 persen Online Learning telah melakukan Wisuda pada tanggal 24 Agustus 2024. Sebagai perguruan tinggi online tidak memerlukan kampus real," bunyi keterangan pada surat yang beredar viral di X.

Netizen lantas mempertanyakan penulisan serta format surat pemberitahuan yang diduga dari UIPM tersebut. Selain itu, tak adanya bangunan fisik membuat netizen semakin curiga.

Raffi Ahmad diberi gelar doktor kehormatan atau Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand. [Instagram/raffinagita1717]Raffi Ahmad diberi gelar doktor kehormatan atau Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand. [Instagram/raffinagita1717]

"Perguruan tinggi online tidak membutuhkan kampus real? Woy UT banyak online-nya aja punya gedung," tulis @m**ilo**y*uu. Pembelaan serta somasi UIPM mendapat beragam komentar dari netizen.

"UT di Lampung juga besar gedungnya," kata @yu**ya**a_s.

Baca Juga: Gita Savitri Dicatut sebagai Alumni UIPM 'Kampus Raffi Ahmad': Dijamin Sukses, Sukses Ngibulnya

"Geregetan banget lihat tanda baca berantakan. Tim legalnya gimana sih," balas @iy**u*ah.

"Seriusan kampus udah di-spill sampai akar-akarnya, mereka masih mau pembelaan?" nyinyir @da*i*lb.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #disukai #raffi #ahmad #pembelaan #uipm #panen #nyinyiran #netizen

KOMENTAR