7 Aplikasi AI Terbaik untuk Bantu Mengerjakan Soal Matematika, Memudahkan!
Ilustrasi soal matematika. [Pixabay]
09:08
26 September 2024

7 Aplikasi AI Terbaik untuk Bantu Mengerjakan Soal Matematika, Memudahkan!

Kesulitan jawab soal matematika? Tenang, ada teknologi AI yang bisa membantu Anda. Cek di bawah ini untuk mengetahui beberapa aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika.

Teknologi berkembang dengan pesat, terlebih ketika teknologi AI sudah merambah ke berbagai bidang kehidupan masyarakat.

AI kini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk industri kreatif, namun juga merambah ke dunia pendidikan.

Dengan memanfaatkan AI, maka siswa akan bisa lebih mudah belajar mata pelajaran yang kerap dianggap sulit oleh banyak orang.

Baca Juga: Aplikasi AI 'Jam Kematian' Klaim Bisa Prediksi Kapan Anda akan Meninggal dan Cara Hidup Lebih Lama

Mata pelajaran yang dimaksud adalah matematika. Ya, teknologi AI kini bisa menjadi sahabat Anda belajar matematika.

Ada beberapa aplikasi AI yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa menjawab soal matematika dengan benar dan akurat.

Aplikasi AI yang Bisa Jawab Soal Matematika 

Ilustrasi Mengerjakan Soal Matematika - Rumus Matematika SMA (Unsplash)Ilustrasi Mengerjakan Soal Matematika - Rumus Matematika SMA (Unsplash)

Dirangkum Suara.com, beirkut ini ada jajaran aplikasi AI yang bisa membantu dalam menjawab soal matematika.

1. Wolfram Alfa

Baca Juga: Cara Mengerjakan Soal Matematika dengan Gemini AI, Mudah dan Praktis!

Wolfram Alpha merupakan aplikasi yang banyak dipercaya siswa untuk memecahkan pertanyaan matematika dan memberikan penjelasan terperinci.

Kemampuannya untuk menangani berbagai bidang matematika menjadikannya sumber daya penting bagi siswa yang ingin memperdalam pemahaman dan keterampilan analisis mereka.

2. Julius

Aplikasi AI bernama Julius memiliki fitur-fitur seperti pemindaian dan pemecahan, pembuatan jawaban langkah demi langkah, dan penjelasan melalui obrolan.

Julius AI bukan sekadar perangkat, tetapi pendamping yang bisa diandalkan ketika belajar matematika.

Baik untuk bantuan mengerjakan pekerjaan rumah atau menguasai konsep-konsep yang rumit, Julius adalah tutor matematika AI terbaik.

3. Socratic

Didukung oleh AI Google, Socratic bertindak sebagai asisten pekerjaan rumah yang serbaguna. Dengan hanya mengambil foto soal matematika, siswa mendapatkan penjelasan terperinci, panduan langkah demi langkah, dan sumber daya yang relevan.

Pendekatan komprehensif Socratic memastikan siswa tidak hanya menyelesaikan pekerjaan rumah mereka tetapi juga memahami konsep yang mendasarinya.

4. Photomath

Photomath hadir sebagai "penyelamat" bagi para siswa yang kesulitan dengan matematika.

Aplikasi seluler ini didukung oleh AI canggih sehingga memungkinkan pengguna untuk memindai soal matematika yang dicetak atau ditulis tangan dan menerima solusi instan langkah demi langkah.

Dengan cakupan yang luas dari aritmatika hingga kalkulus, Photomath mengungkap masalah yang rumit, sehingga menumbuhkan pemahaman dan penguasaan matematika yang lebih dalam.

5. CameraMath

CameraMath memiliki berbagai fitur yang lengkap. Ia menawarkan solusi, bimbingan belajar, dan banyak sumber daya matematika.

Fitur-fiturnya yang unik, seperti Ask Tutors dan Math Solver, menyediakan dukungan yang dipersonalisasi dan solusi langkah demi langkah, yang memenuhi berbagai kebutuhan siswa dalam kalkulus, aljabar, dan lainnya.

6. Microsoft Math Solver

Masuknya Microsoft ke dalam perangkat AI untuk kalkulus menawarkan solusi yang tangguh untuk memecahkan berbagai macam masalah matematika.

Dengan desainnya yang intuitif, siswa dapat memasukkan atau memindai masalah untuk menerima solusi dan penjelasan yang komprehensif, membuat pembelajaran lebih dinamis dan efektif.

7. MyScript

MyScript mengubah tulisan tangan menjadi teks digital dan memecahkan ekspresi matematika secara real-time.

Fiturnya yang keren juga akan memberikan pengalaman belajar yang menarik dan memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi masalah yang rumit dengan mudah dan tepat.

Itulah beberapa aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika. Semoga informasi teknologi AI ini mmebantumu.

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #aplikasi #terbaik #untuk #bantu #mengerjakan #soal #matematika #memudahkan

KOMENTAR