Gegara Batik di Streaming Speed, Netizen Malaysia Sindir Skor IQ Orang Indonesia
YouTuber IShowSpeed memakai batik di Malaysia (YouTube)
20:32
20 September 2024

Gegara Batik di Streaming Speed, Netizen Malaysia Sindir Skor IQ Orang Indonesia

Selain memecahkan rekor, live streaming IShowSpeed (Speed) membuat netizen Malaysia dan Indonesia adu meme. Perlu diketahui, persoalan batik yang diklaim milik Malaysia membuat netizen Indonesia marah.

Usai disindir orang Indonesia, netizen Malaysia lantas membagikan meme untuk menyindir rata-rata skor IQ orang Indonesia. Perang meme lantas tak terelakkan di X. Kehebohan bermula saat orang Malaysia memberikan batik untuk Speed ketika sang YouTuber live streaming di negera mereka.

Fans IShowSpeed di sana mengungkap bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia. Kolom live chat lantas dipenuhi komentar netizen Tanah Air yang menyatakan bahwa batik milik Indonesia.

UNESCO sendiri mengakui batik berasal dari Indonesia sejak 2009 lalu. "Speed udah Googling 'where is batik from', sama tour guidenya masih aja dibilang 'batik is originally from Malaysian'. L Country," tulis @Af**nI**ani.

Baca Juga: Profil dan Kekayaan IShowSpeed, 'Klepek-klepek' saat Ketemu Lucinta Luna

Netizen Malaysia tak terima dan membagikan statistik tentang rata-rata skor IQ di seluruh dunia. Ilustrasi yang diunggah menampilkan data bahwa Indonesia merupakan negara dengan rata-rata IQ terendah di Asia.

Menurut World Population Review 2023 dan International IQ Test, rerata IQ orang Indonesia cukup rendah. Skornya berkisar 78,49 hingga 94,04.

Angka itu menempatkan Indonesia pada posisi bawah dibanding negara Asia Tenggara lain. "Finally can use this info (Akhirnya bisa menggunakan info ini)," tulis @mohd_afiq22.

Perang meme gegara batik di live streaming IShowSpeed. (X)Perang meme gegara batik di live streaming IShowSpeed. (X)

Sindiran tersebut membuat netizen Indonesia membagikan meme lain. Netizen mengunggah ilustrasi bahwa Malaysia tidak pernah meraih medali emas di olimpiade internasional.

Utas yang memperdebatkan batik di streaming Speed viral usai dibagikan 5.900 kali dan 34 ribu tanda suka. Lebih dari 15 meme diunggah netizen Malaysia dan Indonesia untuk menyindir satu sama lain.

Baca Juga: Sampai Trending, Netizen Buat Meme Kaesang 'Nebeng' Teman

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #gegara #batik #streaming #speed #netizen #malaysia #sindir #skor #orang #indonesia

KOMENTAR