Apakah Instal iOS 18 Bikin iPhone Lemot?
iOS 18. [Apple]
13:16
18 September 2024

Apakah Instal iOS 18 Bikin iPhone Lemot?

Apple secara resmi merilis iOS 18 yang disambut heboh di kalangan pengguna iPhone. Dengan fitur dan penyempurnaan baru, banyak yang ingin mencobanya. Namun, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya apakah pembaruan ini akan membuat iPhone menjadi lemot.

Setiap kali Apple merilis pembaruan iOS baru, muncul kekhawatiran umum terkait apakah iPhone akan menjadi lebih lambat setelah instal sistem operasi terbaru.

Kekhawatiran ini sering kali menimbulkan pertanyaan lain apakah Apple memang sengaja memperlambat iPhone lama untuk mendorong pengguna membeli model baru. Namun menurut para ahli, tidak sesederhana itu.

Dilansir dari Gizchina pada Rabu (18/9/2024), perangkat lunak yang lebih baru seperti iOS 18 dirancang agar berfungsi paling baik dengan perangkat keras iPhone terbaru. Meskipun Apple memastikan pembaruan tersebut kompatibel dengan model lama, iPhone lama ini secara alami kesulitan untuk memenuhi tuntutan perangkat lunak yang lebih baru.

Baca Juga: Peringatan untuk Pengguna Apple: Fitur Keamanan Baru Hadir Bersamaan dengan Pembaruan Terbaru

Dengan kata lain, Apple tidak menyabotase perangkat pengguna, hanya saja teknologinya telah maju dan perangkat lama tidak selalu dapat menangani kemajuan terbaru.

Oleh karena itu, tak ada jawaban pasti dari pertanyaan tersebut karena tergantung pada model iPhone. Jika pengguna memiliki iPhone yang lebih baru seperti iPhone 14, pengguna mungkin tidak akan merasakan adanya perlambatan.

iOS 18. [Apple]iOS 18. [Apple]

Model-model ini memiliki daya pemrosesan yang diperlukan untuk menjalankan iOS 18 dengan lancar. Namun, jika pengguna menggunakan model lama seperti iPhone 12 atau versi lebih lawas, pengguna mungkin akan melihat sedikit penurunan kinerja.

Namun, bukan berarti iPhone pengguna tidak dapat digunakan lagi, tetapi aplikasi mungkin terbuka sedikit lebih lambat dan baterai terkuras lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini terutama terjadi karena perangkat lunak terbaru tidak dirancang dengan mempertimbangkan perangkat keras model lawas.

Jika pengguna memiliki iPhone 12 atau model yang lebih lama dan tidak terlalu peduli dengan fitur-fitur baru di iOS 18, tetap menggunakan iOS 17 mungkin menjadi pilihan terbaik. Apple akan terus menyediakan pembaruan keamanan untuk iOS 17, sehingga ponsel pengguna akan tetap aman digunakan tanpa risiko.

Baca Juga: Telah Tersedia, Berikut Cara Update iOS 18 di iPhone dan Fitur-fiturnya

Tetapi jika pengguna ingin menjajal fitur baru, memutakhirkan ke iOS 18 masih merupakan pilihan yang baik. Namun perlu diingat bahwa pengguna memiliki model lama, sehingga pengguna mungkin melihat beberapa masalah kinerja.

Pada akhirnya, pilihannya tergantung pada preferensi pengguna. Bagi pengguna yang memiliki model baru, memperbarui ke iOS 18 adalah urusan yang mudah. Namun jika pengguna memiliki model iPhone lebih jadul, pengguna dapat memutuskan pilihan terbaik untuk kinerja ponsel.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #apakah #instal #bikin #iphone #lemot

KOMENTAR