Alarm Bahaya untuk Apple: HP Lipat Huawei Laris Manis Meski iPhone 16 Meluncur
Huawei Mate XT. (Huawei)
15:16
13 September 2024

Alarm Bahaya untuk Apple: HP Lipat Huawei Laris Manis Meski iPhone 16 Meluncur

Penggemar smartphone premium tertuju pada perilisan iPhone 16 series yang berlangsung pada 9 September 2024 lalu. Tak berselang lama, raksasa teknologi asal China langsung mengenalkan HP lipat tiga (Tri Fold) pertama di dunia, Huawei Mate XT Ultimate Design.

Cukup percaya diri, Huawei meluncurkan Mate XT pada 10 September. Konsumen lokal di China ternyata menyambut HP lipat tiga pertama ini dengan antusiasme tinggi.

Meski harga selangit, Huawei Mate XT Ultimate Design laris manis. Berdasarkan data VMall (platform e-commerce produk Huawei) hingga Jumat (13/09/2024), pemesanan Huawei Mate XT mencapai 5,68 juta unit.

Sebelum meluncur secara komersial, sudah terdapat 2 juta akun yang bersiap memasukkan Mate XT ke keranjang. Usai sehari meluncur, pemesanan langsung menembus 4 juta unit.

Baca Juga: Pemesanan Tembus 4 Juta Unit, Begini Video Hands-On Huawei Mate XT

Dalam tiga hari, angka pre-order mencapai 5 juta. Tentu ini merupakan jumlah yang fantastis mengingat momen perilisan Huawei Mate XT dan iPhone 16 hampir bersamaan.

Data pemesanan Huawei Mate XT. (VMall)Data pemesanan Huawei Mate XT. (VMall)

Meski Apple Intelligence cukup menarik, namun peluncuran iPhone 16 series tak lepas dari cibiran. Apple dinilai minim inovasi terkait desain iPhone terbaru.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, AS tersebut wajib waspada mengingat penjualan Huawei terus meningkat di China. Apple bahkan sempat memberikan diskon besar pada iPhone 15 karena penjualan mereka mengalami penurunan.

Berdasarkan data dari firma riset Counterpoint pada Q2 2024, tiga besar merek smartphone di China adalah Vivo, Apple, dan Huawei. Masing-masing merek menguasai pangsa pasar 18,5 persen, 15,5 persen, dan 15,4 persen.

Data penjualan smartphone di China pada Q2 2023 dan Q2 2024. (Counterpoint)Data penjualan smartphone di China pada Q2 2023 dan Q2 2024. (Counterpoint)

Huawei berada di peringkat ketiga dengan selisih 0,1 persen melawan Apple. Meski ada di bawah Apple, Huawei berpotensi menyalip perusahaan besutan Steve Jobs tersebut.

Baca Juga: Realme Ikuti Jejak Apple? GT 7 Pro Akan Punya Tombol Mirip iPhone 16

Menurut Counterpoint, Huawei meraih pertumbuhan pasar 44,5 persen secara YoY. Di sisi lain, Apple mengalami penurunan 5,7 persen.

Apple juga mencatatkan penurunan performa penjualan di tingkat global pada awal 2024. Apabila data penjualan dari perusahaan terkait Mate XT cukup akurat, pangsa pasar Huawei diprediksi meningkat pada kuartal ketiga 2024.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #alarm #bahaya #untuk #apple #lipat #huawei #laris #manis #meski #iphone #meluncur

KOMENTAR