Jangan Langsung Digunakan! Beginilah Cara Memaksimalkan Performa Laptop Baru Kalian
Ilustrasi laptop baru dan cara memaksimalkan performanya (Pixabay)
18:44
12 September 2024

Jangan Langsung Digunakan! Beginilah Cara Memaksimalkan Performa Laptop Baru Kalian

Memiliki barang baru yang didapat dari hasil jerih payah kita sendiri tentu menjadi hal yang membahagiakan.

Saat pertama kali memegang barang baru, tentu membuat kita merasa bersemangat.

Pembahasan kali ini tentang bagaimana memaksimalkan performa laptop baru. Apakah bisa langsung digunakan atau masih ada yang perlu kita mengatur ulang.

berikut cara yang bisa kalian lakukan sebelum mengoperasikan laptop baru agar performa lebih maksimal:

1. Cek Body dan Kelengkapan Laptop

Sebelum menghidupkan laptop baru, kalian perlu mengecek body laptop sambil memandangi barang yang baru kalian beli dari hasil jerih payah selama ini. Periksa laptop yang baru kalian beli, apakah tidak memiliki kecacatan body fisik luar.

Apabila terdapat kecacatan seperti goresan atau lecet coba hubungi penjual agar mendapat claim garansi toko.

Setelah kalian memastikan body laptop tidak memiliki kecacatan, periksa kelengkapan laptop seperti adaptor, charger, dan lainnya.

2. Lakukan Update Windows Terbaru

Dilansir melalui asani.co.id, setelah kalian menghidupkan laptop, buka pengaturan windows dan lihat update terbaru yang tersedia pada laptop kalian.

Apabila windows yang kalian gunakan memiliki lisensi resmi tentu akan ada update terbaru. Install update windows terbaru pada laptop kalian agar mendapat fitur terbaru yang tersedia.

3. Uninstall Program Bawaan yang Tidak Penting

Menurut laman wikihow.com, laptop baru pasti memiliki program bawaan lama. Cara untuk melihat program bawaan yang tidak penting adalah buka menu pengaturan dan lihat bagian Installed Apps/program.

Uninstall software yang kalian rasa tidak penting, seperti antivirus eksternal, game, dan lainnya.

Menghapus antivirus eksternal dapat meringankan program yang terinstall di laptop kalian. Percayakan antivirus bawaan windows dan cara pemakaian kalian yang tidak membahayakan system laptop.

4. Atur Lokasi Penyimpanan File

Lokasi penyimpanan file merupakan hal yang penting agar file dapat terorganisir dengan baik dan rapi.

Lokasi penyimpanan laptop baru diatur secara acak dan tidak terorganisir dengan baik. Kalian perlu mengatur masing-masing folder penyimpanan agar rapi dan mudah ditemukan.

Untuk mengatur lokasi penyimpanan buka File Explorer. Selanjutnya kalian bisa mengatur dan memetakan lokasi yang menurut kalian cocok dan sesuai dengan masing-masing kategori file.

Setelah itu kalian bisa mengatur lokasi download yang ada pada browser dan software yang digunakan.

5. Download Driver Hardware

Langkah yang bisa kamu ambil adalah cari tahu hardware yang digunakan di laptop kamu, setelah itu kamu download driver hardware dan pastikan sesuai dengan hardware yang ada pada laptop. Contoh driver hardware seperti Intel, Amd Graphic, dan Nvidia.

6. Install Software yang Biasa Kalian Gunakan

Dikutip dari eraspace.com, laptop baru pasti tidak memiliki kelengkapan software untuk memenuhi penggunaan kalian.

Kalian bisa mendownload secara mandiri software yang biasa kalian gunakan, seperti browser, aplikasi editing, games, dan lainnya. Setelah mendownload software yang dibutuhkan, kalian bisa menggunakan laptop sesuai kebutuhan.

7. Atur Aplikasi Default

Dilansir melalui asani.co.id, setelah semua aplikasi yang kalian butuhkan terinstall.

Atur penggunaan aplikasi browser utama agar setiap kalian membuka file atau link bisa langsung terbuka pada aplikasi yang sesuai dengan kemauan kalian.

Hal ini dapat mengurangi kinerja laptop kalian agar lebih ringan dalam penggunaan aplikasi.

8. Disable Startup Software

Dikutip dari kingston.com, startup software merupakan pengaturan yang menjalankan aplikasi secara langsung saat kalian baru menyalakan laptop.

Untuk mematikan aplikasi yang otomatis dijalankan saat awal menghidupkan laptop, kalian bisa buka pengaturan dan buka Startup Apps, lalu lakukan disable aplikasi satu persatu yang tidak kalian jalankan di desktop.

9. Tambah kapasitas RAM dan Penyimpanan

Dilansir melalui asani.co.id, hal terakhir yang bisa memaksimalkan performa laptop baru kalian adalah menambah RAM dan penyimpanan.

Apabila masih terdapat slot kosong untuk menambah RAM dan penyimpanan.

Ini menjadi opsi pribadi apabila kalian rasa RAM dan penyimpanan sudah lebih dari cukup maka tidak perlu menambahkan RAM dan penyimpanan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jangan #langsung #digunakan #beginilah #cara #memaksimalkan #performa #laptop #baru #kalian

KOMENTAR