Polemik Private Jet: Mahfud MD Cuma Butuh 3 Jam untuk Kasih Klarifikasi, kalau Kaesang?
Polemik private jet Mahfud MD vs Kaesang. (kolase X/Instagram)
14:24
7 September 2024

Polemik Private Jet: Mahfud MD Cuma Butuh 3 Jam untuk Kasih Klarifikasi, kalau Kaesang?

Publik akhir-akhir ini menyoroti pejabat atau publik figur yang sering bermewah-mewahan, termasuk naik private jet (jet pribadi). Sama-sama terekam pernah naik jet pribadi, Mahfud MD diketahui lebih cepat melakukan klarifikasi.

Mantan Menkopolhukam tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk klarifikasi. Berbeda 180 derajat, putra bungsu Presiden RI Jokowi, Kaesang Pangarep, belum buka suara terkait polemik private jet. Publik heran dan mempertanyakan mengapa Kaesang tak kunjung buka suara.

Sebagai informasi, Mahfud MD menuai pujian publik usai ia ikut mengkritik Kaesang. Ia mencontohkan, kasus korupsi Rafael Alun bisa terungkap karena dimulai dari kasus gaya hidup sang anak yang bermewah-mewahan.

Akun fanspage @negativisme lantas mengunggah postingan yang menampilkan momen saat Mahfud MD dan Anies Baswedan terekam naik pesawat jet pribadi pada 2022 lalu. Postingan lawas tersebut viral kembali di X.

Baca Juga: Bela Kaesang, Ketua DPP PSI Singgung Megawati dan Mahfud MD yang Juga Pernah Naik Jet Pribadi

"Izin nanya Pak Mahfud, saya penasaran, ini private jet gratifikasi atau nebeng teman? Apakah harus klarifikasi ke KPK?" tulis @negativisme. Tak sedikit pendukung Kaesang dan PSI yang ikut mencibir Mahfud MD.

Klarifikasi Mahfud MD

Menanggapi pemberitaan Suara.com, Mahfud MD mengaku bahwa ia memang pernah naik private jet atau jet pribadi. Postingan lawas yang viral diakui adalah benar miliknya.

Saat itu, Mahfud MD naik private jet karena diundang oleh Jusuf Kalla untuk khutbah di Makassar. Pemberitaan Suara.com tentang postingan lawas Mahfud MD diunggah pada Jumat (07/09/2024) pukul 15.07 WIB.

Hanya selang beberapa jam, Mahfud MD memberikan klarifikasi melalui media sosial pada pukul 17.27 WIB. Sang Guru Besar Fakultas Hukum ini hanya membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk melakukan klarifikasi.

Baca Juga: Senyuman Kaesang Pangarep Menjemput Kemenangan Tapi Tak Dijemput KPK, Pandji Pragiwaksono: Pertanyaan Gue...

"Saya sering naik private jet (PJ) milik Pak JK. Saat jadi Ketua MK Sy pernah naik PJ Pak JK Jakarta-Makassar karena diundang khutbah hari raya di Masjid Almarkaz (Makassar). Pak JK sebagai Ketua Pembina Masjid, mengantar dan menemani saya dengan PJ-nya, plus kamar hotel," tulis Mahfud MD.

Postingan lawas yang beredar merupakan momen saat Mahfud MD menghadiri Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam (KAHMI) dan FORHATI tahun 2022 di Palu. Ia ketika itu menumpang bersama Anies di private milik Jusuf Kalla.

"Pada November 2022 ada Munas KAHMI di Palu. Tokoh-tokoh KAHMI sumbangan sesuai pilihan: ada yang handle gedung, catering, gala dinner, hotel, transportasi. Lalu panitia mengatur. Atas usul Pak JK saya ditugaskan berangkat dengan rombongan PJ Pak JK. Ada juga Anies di situ. Itu foto yang di atas," pungkas Mahfud MD.

Kaesang Belum Buka Suara

Gaya hedon Erina dan Kaesang di AS (Instagram)Ilustrasi gaya hedon Erina dan Kaesang di AS (Instagram)

Perlu diketahui, publik mencium gaya mewah Kaesang dan Erina Gudono pada 21 Agustus 2024. Akun @jungfrauja dan @aglioeoliopasta mengunggah postingan Instagram Erina yang menampilkan jendela private jet.

Kemarahan publik mencuat mengingat momen tersebut bersamaan dengan masifnya tagar #KawalPutusanMK. Setelah diisukan menghilang berhari-hari, Kaesang akhirnya muncul pada 4 September.

Namun saat dicecar pertanyaan oleh wartawan tentang private jet, Kaesang hanya menyapa media dan langsung izin balik. Berbanding 180 derajat, Kaesang masih bungkam soal private jet selama 18 hari.

Lambatnya klarifikasi Kaesang turut dicibir oleh netizen. Tak sedikit netizen yang heran mengapa Kaesang sangat lama untuk buka suara.

"Layak dicontoh Prof sebagai klarifikasi untuk publik. Tapi kalau ada yang nggak berani klarifikasi tandanya kenapa?" cuit @Ge**ra**osing.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #polemik #private #mahfud #cuma #butuh #untuk #kasih #klarifikasi #kalau #kaesang

KOMENTAR