Siapa yang Lebih Populer? Penghasilan YouTube Ridwan Kamil vs Anies Baswedan Bak Bumi dan Bulan!
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (Instagram/@mutiarabaswedan/@camilliazr)
16:24
20 Agustus 2024

Siapa yang Lebih Populer? Penghasilan YouTube Ridwan Kamil vs Anies Baswedan Bak Bumi dan Bulan!

Nama Ridwan Kamil dan Anies Baswedan sebelumnya ramai-ramai disebut akan maju dan bersaing di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Memiliki channel masing-masing, berikut ulasan penghasilan YouTube Ridwan Kamil vs Anies Baswedan.

Kedua tokoh politik ini sebelumnya muncul dalam bursa calon gubernur Jakarta di tahun 2024. Pada Senin (19/8/2024), Ridwan Kamil telah diumumkan akan berlaga dalam ajang pemilihan kepala daerah tersebut bersama dengan Suswono.

Di sisi lain, hingga kini masih belum diketahui sosok yang akan menemani Anies Baswedan jika maju menjadi calon gubernur Jakarta dalam ajang pemilihan tersebut.

Sama-sama pernah berstatus sebagai kepala daerah, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan memanfaatkan media sosial guna menjalin kedekatan dengan masyarakatnya. Kedua tokoh politik ini diketahui sama-sama aktif di YouTube.

Baca Juga: Sudah Berdamai, Atalia Praratya Kenang Beratnya Terima Keputusan Zara Lepas Hijab : Kami Juga Berkecamuk

Channel YouTube Ridwan Kamil bahkan sudah dibuat sejak Februari 2020 ketika dirinya berstatus sebagai mantan Gubernur Jawa Barat. Channel ini sudah mengantongi 1740 subscribers.

Penghasilan YouTube Ridwan Kamil per Agustus 2024. (Social Blade)Penghasilan YouTube Ridwan Kamil per Agustus 2024. (Social Blade)

Ridwan Kamil diketahui telah mengunggah 380 video di channel YouTube miliknya tersebut yang sudah mendapat total video views hingga 136 ribuan. Laman Social Blade memprediksi bahwa Ridwan Kamil mendapat pemasukkan sekitar 0,11 dolar AS hingga 2 dolar AS atau setara Rp 1400 hingga Rp 30 ribuan.

Hal ini karena Ridwan Kamil memang cukup lama tidak membuat konten. Satu-satunya video Ridwan Kamil dengan jumlah penonton tinggi diunggah pada 2 tahun yang lalu.

Di sisi lain, Anies Baswedan telah membuat channel YouTube miliknya ini sejak Agustus 2013 lalu. Dirinya bahkan sudah mengantongi 1 juta subscribers. Dari 2378 video yang ia unggah, Anies Baswedan mengantongi 155 jutaan video views.

Penghasilan YouTube Anies Baswedan per Agustus 2024. (Social Blade)Penghasilan YouTube Anies Baswedan per Agustus 2024. (Social Blade)

Tidak disebutkan dengan pasti mengenai prediksi penghasilan YouTube Anies Baswedan. Berdasarkan kontennya, mantan gubernur Jakarta ini diprediksi memiliki penghasilan 70 dolar AS hingga 1180 dolar AS atau Rp 1,1 jutaan hingga Rp 18 jutaan.

Baca Juga: Pilkada Jakarta: Kontroversi Paslon Independen Dharma-Kun, RK-Suswono Ditantang Lawan Kotak Kosong Ketimbang 'Boneka'

Hal ini dihitung berdasarkan jumlah unggahan video serta views yang Anies Baswedan dapatkan di channel YouTube miliknya tersebut.

Namun harus diketahui, estimasi penghasilan tersebut dengan asumsi channel YouTube Anies Baswedan dan Ridwan Kamil mengaktifkan iklan Google Adsense mereka.

Itu tadi ulasan perbandingan penghasilan YouTube Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. Angka di atas bersifat prediksi dan masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #siapa #yang #lebih #populer #penghasilan #youtube #ridwan #kamil #anies #baswedan #bumi #bulan

KOMENTAR