Maarten Paes Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Berikut Pernyataan Resmi Erick Thohir
Kiper Indonesia, Maarten Paes berlatih bersama skuad MLS All-Star 2024. [Dok. Instagram/@maartenpaes]
18:06
18 Agustus 2024

Maarten Paes Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Berikut Pernyataan Resmi Erick Thohir

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan Maarten Paes bisa perkuat Timnas Indonesia di ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jika Shin Tae-yong memanggilnya, Maarten Paes bisa jadi kiper utama Timnas Indonesia untuk lawan Arab Saudi dan Australia.

Pengumuman itu disampaikan Erick Thohir via akun Instagramnya, Minggu (18/8/2024) sore.

Berikut pernyataan lengkap Erick Thohir:

Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia.

Baca Juga: Meski Sempat Jengkel, Shin Tae-yong Sikapi Kritikan dengan Cara Elegan

Dengan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia serta cita-citanya untuk memberikan dampak positif terhadap sepak bola Indonesia, kami yakin bahwa bergabungnya Maarten akan memperkuat tim nasional, terutama dalam menghadapi putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia.

Kami menyambut kedatangannya dengan tangan terbuka dan menanti tim nasional Indonesia meraih performa yang lebih baik.

Kerumitan mendapatkan Maarten Paes

Maarten Paes, kiper keturunan Indonesia-Belanda, sempat dihadapkan pada situasi rumit terkait ambisinya membela Timnas Indonesia. Di satu sisi, ia telah resmi menjadi WNI dan memiliki darah Indonesia dari sang nenek.

Di sisi lain, regulasi FIFA terkait perpindahan asosiasi masih menjadi ganjalan.

Baca Juga: Media Vietnam Ketar-ketir Baca Strategi Shin Tae-yong di Piala AFF 2024: Timnas Indonesia Lolos ke Final Ini Sih...

Paes telah memenuhi salah satu syarat FIFA untuk membela Timnas Indonesia, yaitu memiliki nenek berkebangsaan Indonesia. Ia pun resmi menjadi WNI pada 30 April 2024.

Namun, perjalanannya tak semulus itu. Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga menjadi batu sandungan.

Aturan tersebut menyatakan bahwa pemain tidak bisa membela timnas baru jika terakhir kali bermain untuk timnas lama sebelum usia 21 tahun.

"Peralihan untuk memenuhi syarat bermain dengan Timnas Indonesia masih bergantung pada proses banding FIFA yang sedang dipertimbangkan CAS. Maarten Paes mewakili Belanda di tingkat junior, dan pertanyaan apakah ia terikat dengan negara tersebut bergantung kepada penafsiran bahasa yang rumit di Statuta FIFA," jelasnya," tulis situs MLS Soccer yang menjelaskan duduk persoalan kasus Maarten Paes ini, Rabu (24/7/2024).

Paes tercatat pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21.

Penampilan terakhirnya terjadi pada usia 22 tahun saat melawan Timnas Belarusia U-21 di Kualifikasi Euro U-21 2021.

PSSI tak tinggal diam. Mereka telah membawa kasus Paes ke Pengadilan Arbritasi Olahraga (CAS) dengan harapan celah regulasi bisa ditemukan.

Ketua PSSI, Erick Thohir, optimistis Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dan itu pun kini terwujud.

Selamat datang Maarten Paes!

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #maarten #paes #bisa #perkuat #timnas #indonesia #berikut #pernyataan #resmi #erick #thohir

KOMENTAR