Bak Bumi dan Langit, Perbandingan FC Groningen dengan Calon Klub Baru Ragnar Oratmangoen
Penyerang sayap FC Groningen, Ragnar Oratmangoen saat main untuk Fortuna Sittard di musim 2023/2024 dengan status pinjaman. [IG Fortuna Sittard]
16:18
11 Agustus 2024

Bak Bumi dan Langit, Perbandingan FC Groningen dengan Calon Klub Baru Ragnar Oratmangoen

Calon klub yang dikabarkan bakal jadi pelabuhan baru Ragnar Oratmangoen, Top Oss, ternyata memiliki sejumlah catatan yang mencolok apabila dibandingkan dengan mantan klubnya, FC Groningen.

Belakangan ini, teka-teki soal klub baru yang bakal dituju Ragnar Oratmangoen mulai mengarah pada Top Oss. Winger andalan Timnas Indonesia itu memberikan kode bakal bergabung bersama mantan klubnya tersebut.

Kode itu disampaikan Ragnar Oratmangoen melalui akun Instagram pribadinya. Melalui fitur Insta Story, pemain yang akrab disapa Wak Haji itu memberikan kode khusus yang memantik pembicaraan publik.

Dalam postingannya, Ragnar Oratmangoen menyaksikan pertandingan Top OSS melawan Excelsior. Padahal di saat yang sama, klubnya saat ini FC Groningen juga bermain menghadapi NAC Breda. 

Baca Juga: Dibuang FC Groningen, Ragnar Oratmangoen Beri Kode Balikan dengan Klub Masa Kecilnya

Sebetulnya, perbandingan antara Top Oss dengan FC Groningen termasuk begitu mencolok. Kedua klub seperti bak bumi dan langit karena punya catatan yang jomplang. Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

1. Perbandingan Harga Skuad

Salah satu ukuran yang dapat menjadi ukuran adalah perbandingan harga pasar dari kedua klub. Jika merujuk data yang disajikan oleh Transfermarkt, FC Groningen dibanderol dengan harga 14,28 juta euro, sedangkan Top Oss hanya 3,85 juta euro.

Apabila dikonversi ke rupiah, market value atau harga pasar seluruh pemain FC Groningen setara Rp248,8 miliar, berbanding harga skuad Top Oss yang menyentuh Rp66,2 miliar. Bisa dibilang, harga skuad FC Groningen empat kali lebih besar ketimbang Top Oss.

2. Komparasi Prestasi

Baca Juga: Sosok Joey Pelupessy, Berdarah Maluku: Punya Karier Lebih Baik Ketimbang Ragnar Oratmangoen

Prestasi dari kedua kesebelasan juga ternyata sangat jauh berbeda. Sebab, FC Groningen punya catatan yang impresif, termasuk menjuarai Eerste Divisie atau kasta kedua pada 1979/1980 dan runner-up pada 2023/2024.

Mereka juga pernah menjuarai KNVB Cup 2014/2015 dan Johan Cruyff Shield 2015. Sementara itu, Top Oss hanya bisa meraih Topklasse alias Sunday Championship (kasta keempat Liga Belanda) pada 2010/2011.

3. Posisi Klasemen

Pada musim 2023/2024, perbandingan prestasi FC Groningen dan Top Oss juga bak bumi dan langit. Pada musim lalu, FC Groningen sukses menduduki peringkat kedua klasemen hingga akhirnya lolos ke kasta tertinggi.

Sementara itu, Top Oss hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat ke-18 klasemen akhir. Hal inilah yang membuat catatan kedua tim sangat timpang dan bertolak belakang.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #bumi #langit #perbandingan #groningen #dengan #calon #klub #baru #ragnar #oratmangoen

KOMENTAR