Sosok Veddriq Leonardo: Kecil Suka Manjat Pohon, Semoga Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024
Veddriq Leonardo asal Indonesia bertanding dalam babak eliminasi putaran awal kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) 
14:30
7 Agustus 2024

Sosok Veddriq Leonardo: Kecil Suka Manjat Pohon, Semoga Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

- Sosok Veddriq Leonardo, atlet panjang tebing asal Pontianak yang menjadi tumpuan Indonesia untuk pecah telur meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Disampaikan sang ibu, Veddriq Leonardo kecil hobi memanjat pohon.

Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo, sedang diperbincangkan di seluruh dunia berkat aksinya dalam pertandingan babak kualifikasi nomor kecepatan Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024).

Veddriq lolos ke perempat final usai menjadi atlet panjat tebing terbaik kedua dalam nomor kecepatan.

Ia mencatat 4,79 detik di jalur A pada tahap penyisihan unggulan, yang yang menyamai rekor dunia milik wakil Amerika Serikat, Sam Watson, pada April lalu.

Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) (AFP/JONATHAN NACKSTRAND)

Namun, dalam tahap penyisihan eliminasi, Watson memecahkan rekor ini dengan catatan 4,75 detik.

Meski begitu, Veddriq menduduki peringkat kedua terbaik, sehingga lolos ke babak perempat final. Aksi Veddriq yang cekatan dan cepat pun menjadi perbincangan di berbagai belahan bumi.

Lomba speed putra di panjat tebing Olimpiade Paris 2024 akan dilanjutkan, Kamis (8/8/2024), dengan laga perebutan medali menjadi puncak acara.

Di perempat final, Veddriq akan menghadapi Bassa Wassem (Prancis) yang pernah menguasai gelaran Piala Dunia sebelum dirinya.

Kini yang menarik untuk diulas, seperti apa sosok dan profil seorang Veddriq Leonardo?.

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, 11 Maret 1997. Saat ini dia berusia 27 tahun.

Diceritakan sang ibunda, Rosita Bin Hamzah, Veddriq adalah anak yang rajin dan patuh akan nasehat orang tua. 

"Anaknya penurut, kalau kita larang itu dia ikut aja. Rajin juga sholatnya," katanya, dikutip dari TribunPontianak.

Veddriq kecil, dalam pandangan sang ibu, hobi dengan kegiatan ekstrem, seperti memanjat phon yang tinggi.

"Waktu kecil dia itu sudah suka manjat-manjat pohon, kadang juga naik tambat kapal di tepi sungai," katanya.

Bakat panjat tebing Veddriq pun mulai terlihat sejak SMA, dan semakin terlihat ketika Veddriq juga sering mengikuti kegiatan Mapala.

"Dulu dia sering ikut-ikut kegiatan Mapala, dan sering manjat tebing di alam, dia dilihat sama pelatihnya dan diajak untuk menjadi atlet profesional."

"Dia ditunjukin video Aspar Jailolo. Mau gak jadi atlet seperti ini katanya waktu itu. Dari pada hanya sekedar suka-suka. Kemudian ikut latihan dan ikuti beberapa pertandingan," jelasnya.

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing asal Indonesia yang punya segudang prestasi gemilan di kancah dunia.

Pria 24 tahun ini menjadi atlet andalan Indonesia dalam olahraga panjat tebing khususnya di nomor speed climbing.

Dirinya berkarier nasional sejak tahun 2014 dan mulai mengikuti kompetisi berskala internasional pada tahun 2018.

Sebelum berlaga di Olimpiade Paris 2024, Veddriq mencetak sejarah baru dengan catatan waktu 4,90 detik dan meraih medali emas di nomor speed putra dalam ajang Piala Dunia cabor Panjat Tebing di IFSC di Seoul, Korea Selatan 2023.

Rekor tersebut diraih setelah memanjat climbing wall setinggi 15 meter dengan perolehan waktu tercepat di dunia.

Tak hanya itu, Veddriq juga disebut sebagai manusia pertama di dunia yang memanjat di bawah 5 detik.

Di tahun yang sama, Veddriq juga berhasil menjuarai dan membawa pulang medali emas dari nomor Speed Putra di Kejuaraan Dunia Panjat Teping Salt Lake City 2023.

(Tribunnews.com/Giri, TribunPontianak/Ferlianus Tedi Yahya)

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin

Tag:  #sosok #veddriq #leonardo #kecil #suka #manjat #pohon #semoga #raih #medali #emas #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR