Kaya Symons: Acuhkan Timnas Indonesia, Begini Nasibnya Sekarang
Pemain keturunan Indonesia Kaya Symons. (Instagram/@kayasymons)
09:42
1 Agustus 2024

Kaya Symons: Acuhkan Timnas Indonesia, Begini Nasibnya Sekarang

Beberapa waktu lalu nama pesepak bola keturunan Indonesia-Belanda, Kaya Symons digadang-gadang bakal memperkuat Timnas Indonesia.

Pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 yang berlangsung di Como periode Mei 2024, nama Kaya Symons disebut akan bergabung dengan pemain keturunan lain seperti Jens Raven hingga Mauresmo Hinoke.

Namun kemudian, Kaya Symons memilih untuk membela 'timnas pusat' alias timnas Belanda. Padahal keikutsertaan Symons membela tim muda Belanda pun terbilang minim.

Kaya Symons yang batal trial di timnas Indonesia U-20 saat turnamen Toulon 2024. (Instagram/@kayasymons)Kaya Symons yang batal trial di timnas Indonesia U-20 saat turnamen Toulon 2024. (Instagram/@kayasymons)

Terakhir ia hanya bermain 7 menit saat Belanda U-19 melawan Italia U-19 pada 11/09/2023. Kala itu skuat Belanda kalah dua gol tanpa balas dari Italia.

Baca Juga: Laga Timnas Indonesia vs Australia Kemungkinan Digelar di GBK, Ini Penjelasan PSSI

Seperti diketahui, bahwa Kaya Symons memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Lama tak terdengar kabar, bagaimana nasib Kaya Symons sekarang?

Setelah sempat jadi buah bibir di publik sepak bola nasional, nama Kaya Symons pun tenggelam. Sementara untuk karier, diketahui pemain yang berposisi sebagai full back kiri itu kini sudah memiliki klub baru.

Kaya Symons diketahui menghabiskan kariernya di klub Vitesse. Ia memulianya di akademi tim, lalu ke tim U-18 hingga naik kelas ke tim U-21.

Namun perjalanan karier Kaya Symons di Vitesse berakhir pada 1 Juli 2024. Ia memilih untuk bergabung ke tim Graafschap U-21 untuk hadapi musim baru.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Diguyur Bonus Duit Rp 1 Miliar Usai Juara Piala AFF U-19 2024

Pemain keturunan Indonesia Kaya Symons resmi memperkuat Graafschap U-21 di musim 2024/25 [Instagram Kaya Symons]Pemain keturunan Indonesia Kaya Symons resmi memperkuat Graafschap U-21 di musim 2024/25 [Instagram Kaya Symons]

Pemain yang satu agen dengan Cody Gakpo, Rasmus Hojlund dan Donyell Malen itu kini dilatih oleh Mees Siers. Kaya Symons juga tercatat kini satu tim dengan pemain muda Belanda seperti Noah Pusic hingga Omar Mekkaoui.

Sementara di level timnas Belanda, namanya juga belum masuk dalam radar pelatih tim U-19, Peter van der Veen. Padahal tim U-19 Belanda sedang persiapan untuk Euro U-19 2025.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kaya #symons #acuhkan #timnas #indonesia #begini #nasibnya #sekarang

KOMENTAR