Gara-gara Jens Raven, Media Vietnam Puji Setinggi Langit Program Naturalisasi Timnas Indonesia
Jens Raven memegang trofi Piala AFF U-19 2024. (Instagram/@jensraven9)
19:00
30 Juli 2024

Gara-gara Jens Raven, Media Vietnam Puji Setinggi Langit Program Naturalisasi Timnas Indonesia

Media Vietnam tarik kata-katanya yang sempat mengkritik kebijakan naturalisasi PSSI agar pemain keturunan membela timnas Indonesia. Hal tersebut diungkapkan gara-gara melihat ketulusan Jens Raven.

Timnas Indonesia U-19 baru saja meraih juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand dengan skor 1-0, Senin (29/7/2024). Gol semata wayang itu dicetak Jens Raven.

Striker FC Dordrecht U-21 ini emosional ketika Garuda Nusantara dinyatakan menang. Ia menangis sesenggukan karena bangga.

Melihat momen ini, media Vietnam menyoroti ketulusan pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk membela timnas Indonesia. Apalagi kini usianya masih sangat muda.

Baca Juga: 3 Pemain Terbaik Timnas Indonesia Berhasil Hancurkan Thailand Hingga Juara Piala AFF U-19 2024

"Melihat air mata Jens Raven, kita mungkin perlu memikirkan kembali perdebatan apakah kebijakan naturalisasi Indonesia efektif dalam jangka panjang?" tulis laporan Soha.vn.

"Setelah menaturalisasi pemain keturunan tapi usianya tua untuk timnas, kebijakan PSSI menjadi semakin bijaksana. Mereka menaturalisasi pemain muda yang mampu berkontribusi bertahun-tahun di timnas Indonesia."

"Kini Indonesia bahkan sudah mulai menaturalisasi banyak pemain kelompok umur seperti Jens Raven. Jika talenta-talenta itu berkembang secara stabil, mereka bisa berkontribusi pada sepak bola Indonesia untuk jangka waktu yang lama." beber laporan media Vietnam itu.

Memang kini banyak pemain muda yang dinaturalisasi seperti Jens Raven, Rafael Struick, Justin Hubner, hingga Ivar Jenner.

Selain itu, Indra Sjafri juga telah merekomendasikan tiga nama agar bisa dinaturalisasi, yaitu Mauresmo Hinoke, Dion Markx, serta Tim Geypens.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Evan Dimas Cs, Jangan Ada Tur Nusantara Jilid II untuk Timnas Indonesia U-19

"Kebijakan pemakaian pemain keturunan yang dinaturaliasi tidak akan efektif jika tidak dilaksanakan secara serius dan menyeluruh. Jika diterapkan secara menyeluruh seperti Indonesia, maka akan memberikan efek dahsyat. Indonesia bisa menjadi kekuatan tangguh di Asia Tenggara," tegasnya.

Bahkan media Vietnam menyarankan bahwa negara-negara ASEAN bisa mempertimbangkan untuk meniru langkah dari timnas Indonesia.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #gara #gara #jens #raven #media #vietnam #puji #setinggi #langit #program #naturalisasi #timnas #indonesia

KOMENTAR