Eks Persebaya Asal Brasil Berumur 56 Tahun Ini Ingin Jadi WNI, Mau Bela Timnas Indonesia?
Eks Persebaya Asal Brasil Berumur 56 Tahun Ini Ingin Jadi WNI, Mau Bela Timnas Indonesia? [Istimewa]
20:30
29 Juli 2024

Eks Persebaya Asal Brasil Berumur 56 Tahun Ini Ingin Jadi WNI, Mau Bela Timnas Indonesia?

Siapa yang tak kenal dengan sosok satu ini. Ia lahir di Rio de Janeiro, Brasil pada 28 Mei 1968. Karier sepak bolanya berawal di klub Flamengo.

Setelah sempat berkarier di Liga Brasil bersama Botafogo pada 1994, ia memutuskan untuk hijrah ke Indonesia. Kala itu klub Petrokimia Putra meminangnya dari klub Rubro Social.

Kariernya terus melesat di Liga Indoensia. Di era sebelum BRI Liga 1 muncul, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini makin bersinar saat membela Persebaya Surabaya pada 1996.

Di klub berjuluk Bajul Ijo, ia menyumbangkan gelar juara Liga Indonesia musim 1996/1997. Selain memberikan gelar juara, pemain Brasil ini dinobatkan sebagai pemain terbaik kompetisi.

Baca Juga: Bapak hingga Anak-anak Tumplek Blek, Stadion GBT Mulai Memerah Jelang Final Piala AFF U-19

Pada 2001, ia memutuskan untuk pensiun di klub Petrokimia Putra. Kariernya tak bisa dipisahkan dari sepak bola, ia melanjutkan sebagai pelatih.

Hingga tiba saatnya ia mendapat kepercayaan penuh menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2013. Ia pun digadang-gadang jadi salah satu legenda terbaik di Liga Indonesia, sosok itu bernama Jacksen F. Tiago.

Meski sudah puluhan tahun berkarier dan tinggal selama 30 tahun di Indonesia, Jacksen F. Tiago masih berstatus sebagai warga negara Brasil.

Jacksen baru-baru ini mengungkapkan dirinya ingin bisa menjadi WNI. Hal itu diungkap Jacksen saat menjadi bintang tamu di kanal Youtube Helmy Yahya.

Direktur Teknik Akademi Borneo FC Samarinda, Jacksen F. Tiago. (borneofc.id)Direktur Teknik Akademi Borneo FC Samarinda, Jacksen F. Tiago. (borneofc.id)

"Saya pernah. Saya pernah ditawar (untuk menjalani proses naturalisasi)," ucap Jacksen.

Baca Juga: Mahar Thariq Halilintar ke Aaliyah Massaid Rp26 Juta, Kalah Jauh dari 2 Pemain Timnas Indonesia

"Namun, selama ini, belum pernah saya menerima hal seperti itu," sambung Direktur Teknik Akademi Borneo FC ini.

Lebih lanjut, Jacksen mengatakan bahwa dulu ia bukan tak mau jadi WNI namun karena kondisi keluarga, utamnya sang ibu.

"Sampai saat itu, saya tidak berpikir ganti warga negara. Tapi sekarang beliau gak ada, sehingga keluarga saya istri dan anak. Jadi kemungkinan besar dalam waktu dekat saya akan mengajukan perubahan kewarganegaraan Indonesia," ungkapnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #persebaya #asal #brasil #berumur #tahun #ingin #jadi #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR