Timnas Indonesia vs Timor Leste: Hitung-hitungan Garuda Nusantara Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pemain Timnas Indonesia U-19 (pssi.org)
15:18
23 Juli 2024

Timnas Indonesia vs Timor Leste: Hitung-hitungan Garuda Nusantara Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timor Leste dalam matchday ketiga atau terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024. Berikut hitung-hitungan agar Garuda Nusantara lolos ke babak semifinal.

Duel Timnas Indonesia vs Timor Leste dalam laga pamungkas Grup A akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (23/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia U-19 berada di atas angin jelang laga ini setelah meraih hasil sempurna dalam dua laga perdana kontra Filipina dan Kamboja.

Hasil dua kemenangan membuat tim asuhan Indra Sjafri untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dan selisih gol +8.

Baca Juga: Indra Sjafri Semprot Media Vietnam: Argentina Susah Jebol Timnas Indonesia, Nggak Diketawain?

Di laga pertama kontra Filipina, Timnas Indonesia U-19 berhasil menang telak 6-0 sebelum mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0.

Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal Piala AFF U-19 2024

Skuad Timnas Indonesia U-19 Saat Mengikuti Ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia U-19 Saat Mengikuti Ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. (pssi.org)

Lewat format barunya, Piala AFF U-19 2024 membagi 12 peserta ke dalam tiga grup dengan masing-masing berisi empat tim.

Hanya juara grup yang berhak lolos otomatis ke semifinal, sementara satu slot tersisa akan diberikan kepada tim yang mampu menyabet status runner-up terbaik.

Merujuk aturan tersebut, Timnas Indonesia U-19 minimal butuh hasil imbang untuk bisa melangkah ke semifinal.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Timor Leste, Duet Meriam Serang Welber Jardim dan Kafiatur Dipasang?

Tambahan satu poin atas Timor Leste membuat Arkhan Kaka dan kawan-kawan bakal finis di puncak klasemen dengan tujuh poin.

Di sisi lain, Timor Leste hanya akan mengoleksi empat poin. Sementara Filipina yang akan menghadapi Kamboja, secara matematis cuma bisa mengumpulkan maksimal enam poin.

Andai Kalah dari Timor Leste

Meski tidak diharapkan, peluang Timnas Indonesia U-19 untuk kalah dari Timor Leste tetap terbuka mengingat sepak bola tidak bisa diukur secara matematis.

Andai skema ini terjadi, Timnas Indonesia sepertinya bakal mendapatkan mimpi buruk. Pasalnya, mereka akan turun ke peringkat kedua Grup A dan harus bersaing dengan tim-tim runner-up dari Grup C.

Grup B tidak masuk hitungan karena Myanmar (2 poin), Vietnam (1 poin) dan Laos (1 poin) sudah dipastikan tersingkir setelah gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan pertamanya. Hanya Australia yang dipastikan jadi wakil Grup B di semifinal.

Sementara dari Grup C, persaingan ketat terjadi antara Malaysia dan Vietnam. Kedua tim sama-sama telah mengumpulkan enam poin dengan selisih gol +16 dan +7.

Melihat situasi tersebut, andai Timnas Indonesia U-16 takluk dari Timor Leste, maka Garuda Nusantara harus berharap Malaysia mengalahkan Thailand dengan skor lebih besar dari kemenangan Timor Leste.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #timor #leste #hitung #hitungan #garuda #nusantara #lolos #semifinal #piala #2024

KOMENTAR