Indra Sjafri Dicibir Local Pride Gara-gara Minimnya Menit Bermain Pemain Keturunan
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri saat menghadapi Filipina dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024). [Dok. PSSI]
07:36
22 Juli 2024

Indra Sjafri Dicibir Local Pride Gara-gara Minimnya Menit Bermain Pemain Keturunan

Muncul sindiran untuk Indra Sjafri meski sukses membawa Timnas Indonesia U-19 meraih dua kemenangan di Piala AFF U-19 2024, netizen singgung local pride lagi.

Komentar negatif netizen perihal local pride ini muncul pasca Indra Sjafri bersikukuh memasang Arkhan Kaka sebagai starter Timnas Indonesia U-19.

Akrhan Kaka selalu menjadi pilihan utama Indra Sjafri dalam dua laga di Piala AFF U-19 2024 meski sang pemain gagal mencetak gol.

Sementara Jens Raven yang juga berposisi sebagai penyerang mampu membuktikan kualitasnya dengan satu gol saat melawan Filipina.

Baca Juga: Sempat Singgung Indonesia, Media Vietnam Kini Termakan Omongan Mereka Sendiri

Dan assist yang dibuat untuk gol Iqbal Gwijangge ke gawang Kamboja di pertandingan kedua, hal ini memunculkan polemik di kalangan netizen.

Selain menuntut agar Jens Raven dimainkan sebagai starter, netizen juga meminta Indra Sjafri tak membedakan status pemain diaspora dan lokal.

Menjawab tuntutan netizen, Indra Sjafri memastikan bahwa ia tak membedakan pemain diaspora dan lokal karena status mereka sudah sama-sama WNI.

Pelatih asal Sumatera Barat ini juga menyinggung soal starter Timnas Indonesia U-19, bahwa bukan tidak mungkin di laga selanjutnya Jens Raven bakal dipilih.

Indra Sjafri mengaku sudah janji kepada para pemain, dengan memberikan porsi terbaik di setiap pertandingan yang dijalani.

Baca Juga: Bek Gacor! 5 Gol Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 Dicetak 5 Pemain Belakang

"Kami pasti merotasi pemain tapi jangan ada dikotomi antara pemain diaspora dengan lokal. Tidak baik, tidak perlu dikembangkan itu," ucap Indra Sjafri.

"Jens Raven bisa saja besok starter dan Kaka juga bisa starter. Saya sudah janji ke mereka yang terbaik itu akan mendapatkan porsi yang banyak," imbuhnya.

Di laga selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timor Leste, pertandingan digelar pada Selasa (23/7/2024) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Skuad muda Garuda saat ini sudah menginjakkan satu kaki di semifinal, hanya perlu memastikan dengan kemenangan di laga ketiga.

Selain itu, laga melawan Timor Leste bisa menjadi ajang pembuktian Jens Raven bahwa selayaknya ia tidak hanya menjadi pemain pengganti Arkhan Kaka.

Di satu sisi, Arkhan Kaka harus menyadari betapa berharganya menit bermain agar tidak menyianyiakan setiap menit yang didapat.

Khususnya kesempatan dalam mencetak gol, mengingat namanya yang selalu dielu-elukan sebagai striker masa depan Timnas Indonesia.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #indra #sjafri #dicibir #local #pride #gara #gara #minimnya #menit #bermain #pemain #keturunan

KOMENTAR