3 Klub BRI Liga 1 yang Paling Banyak Diperkuat Pemain Timnas Indonesia
Rizky Ridho Saat Membela Timnas Indonesia U-23 di Ajang Piala Asia U-23 2024 Lalu. (instagram.com/rizkyridhoramadhani)
12:14
19 Juli 2024

3 Klub BRI Liga 1 yang Paling Banyak Diperkuat Pemain Timnas Indonesia

Klub-klub Liga 1 masih cukup banyak berkontribusi dalam mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia, kendati saat ini banyak pemain Indonesia abroad.

Hadirnya para pemain keturunan juga membuat persebaran pemain Timnas Indonesia jadi lebih beragam. Kini banyak pemain-pemain Timnas Indonesia yang bermain di Eropa atau di luar negeri lainnya.

Kendati begitu, Shin Tae-yong masih tetap mempercayakan para pemain dari kompetisi lokal yaitu dari tim-tim Liga 1. Oleh karena itu ada beberapa tim Liga 1 banyak diperkuat pemain Timnas Indonesia.

Berangkat dari pemanggilan pemain terakhir Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Juni lalu, berikut tiga klub Liga 1 paling banyak diperkuat pemain Timnas.

Baca Juga: Siapa Julian Oerip? Pemain Keturunan Indonesia yang Rela Berdarah-darah Bela Belanda

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta masih terus konsisten menjadi tim Liga 1 yang menyumbangkan pemain-pemainnya. Berdasarkan laga terakhir Timnas, ada dua pemain Macan Kemayoran yang dipanggil.

Mereka adalah dua palang pintu muda milik Persija yaitu Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho. Ridho memang lebih mendapat kepercayaan jika tampil di Timnas senior, sedangkan Ferarri lebih banyak menjadi pelapis.

Meski begitu, kedua pemain ini bisa menjadi bek masa depan Timnas Indonesia dengan banyaknya pengalaman di usia mereka yang masih muda.

Jika dijabarkan lebih rinci jumlah pemain Timnas Indonesia dari kelompok umur, makan Persija punya lebih banyak ditambah Ilham Rio Fahmi, Dony Tri Pamungkas, hingga Rayhan Hannan.

Baca Juga: Catat! Daftar Harga Tiket Piala Presiden Grup A Piala Presiden 2024: Termurah Cuma Rp100 Ribu

2. Dewa United

Ada dua pemain Dewa United yang dipanggil ke Timnas Indonesia pada pertandingan terakhir, mereka adalah Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri.

Meski semakin ketatnya persaingan di posisi mereka masing-masing karena hadirnya pemain keturunan, Ricky dan Egy membuktikan masih punya kualitas untuk dipanggil Shin Tae-yong.

3. PSIS Semarang

Laskar Mahesa Jenar menyumbangkan Muhammad Di Satryo untuk Timnas Indonesia. Wahyu Prasetyo juga sempat sering menghias pemanggilan pemain Timnas sebelum mulai tergusur lagi.

Kontributor: Aditia Rizki 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #klub #liga #yang #paling #banyak #diperkuat #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR