Siapa Julian Oerip? Pemain Keturunan Indonesia yang Rela Berdarah-darah Bela Belanda
Siapa Julian Oerip (kiri)? Pemain Keturunan Indonesia yang Rela Berdarah-darah Bela Belanda [onsoranje.nl]
21:00
18 Juli 2024

Siapa Julian Oerip? Pemain Keturunan Indonesia yang Rela Berdarah-darah Bela Belanda

Siapa Julian Oerip? Ia adalah pemain berdarah Surabaya, Jawa Timur yang saat ini makin tunjukkan perfomance gemilang bersama tim U-18 Belanda.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Julian Oerip merupakan seorang gelandang kelahiran Belanda pada 26 Oktober 2006 lalu.

Posisi naturalnya adalah sebagai gelandang serang. Meski begitu, ia juga kerap menghuni posisi gelandang tengah karena kemampuannya dalam bertahan.

Julian Oerip sendiri sejak kecil telah menimba ilmu di akademi AZ Alkmaar. Secara perlahan, ia mampu menembus tim kelompok umur.

Baca Juga: 2 Tim yang Diprediksi STY Kuasai Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dilansir dari berbagai sumber, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari Surabaya. Sejak lahir hingga usianya kini telah 16 tahun, Oerip sendiri tumbuh di Belanda.

Pemain Berdarah Surabaya Julian Oerip Bikin Malu Robin van Persie dan Anaknya, Hal Ini yang Ia Lakukan [Instagram]Pemain Berdarah Surabaya Julian Oerip Bikin Malu Robin van Persie dan Anaknya, Hal Ini yang Ia Lakukan [Instagram]

Julian Oerip saat ini memiliki tempat di skuat U-18 Belanda. Ia begitu dipercaya mengisi lini depan tim muda Orange. Pada perhelatan Piala Super di San Pedro del Pinatar pada Maret lalu, Oerip tunjukkan penampilan gemilang.

Saat melawan Ceko, Oerip mencetak satu dari empat gol kemenangan Belanda U-18. Dilansir dari laporan KNVB, Kamis (18/7/2024), Oerip bahkan tunjukkan determinasi tinggi.

Oerip dimainkan oleh pelatih U-18 Belanda Peter van der Veen meski dengan kondisi kepala diperban. Oerip sempat mengalami luka di bagian kepala saat berbenturan dengan kiper Jerman di laga sebelumnya.

Meski begitu, Oerip mampu tunjukkan permaian gemilang dan mencetak satu gol di laga itu.

Baca Juga: 3 Klub Liga Belanda yang Cocok Jadi Pelabuhan Baru Justin Hubner, Jaminan Starter?

"Pemain AZ bermain dengan perban di kepalanya. Oerip melancarkan serangan dari wilayahnya sendiri di menit ke-18, mengoceh lawan dan melepaskan tembakan untuk menjadi gol," tulis laporan KNVB.

Pelatih Belanda U-18, van der Veen saat itu pun puas dengan penampilan Oerip dan kawan-kawan.

"Mencetak empat gol dari delapan peluang merupakan hal bagus. Namun kami harus terus belajar dan mempertajam lini depan," ungkap van der Veen.

Julian Oerip pada Sabtu 22 April 2023 menjalani debut bersama Jong AZ saat melawan Dordrecht. Pelatih Jong AZ Maarten Martens memainkan Julian Oerip pada babak kedua.

Sayangnya pada laga debutnya itu, Julian Oerip gagal membawa Jong AZ meraih kemenangan. Pada laga yang berlangsung di GN Bouw Stadion, Dordrecht meraih kemenangan 1-0.

Gol tunggal Dordrescht dicetak oleh Anouar El Azzouzi pada menit ke-67. Dikutip dari Suara.com, pada Agustus 2022, Julian Oerip mendapat kontrak profesional dari AZ.

Di usia yang baru 15 tahun itu, Julian Oerip mendapatkan kontrak profesional berdurasi tiga tahun hingga 2025 mendatang dari klub papan atas Belanda, AZ Alkmaar.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #siapa #julian #oerip #pemain #keturunan #indonesia #yang #rela #berdarah #darah #bela #belanda

KOMENTAR