Bakal Main di Serie A, Tinggi Badan Maarten Paes di Atas Rata-rata Kiper Timnas Indonesia?
Maarten Paes. (Instagram/@maartenpaes)
17:54
18 Juli 2024

Bakal Main di Serie A, Tinggi Badan Maarten Paes di Atas Rata-rata Kiper Timnas Indonesia?

Maarten Paes kiper keturunan Indonesia - Belanda disebut-sebut akan bergabung dengan Empoli, klub yang bermain di Liga Italia Serie A. Sebagai pemain keturunan Indonesia, publik pun bertanya-tanya berapa tinggi badan Maarten Paes?

Saat ini, Maarten Paes bermain untuk FC Dallas di MLS. Paes lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda, dan memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Meski sudah dinaturalisasi, hingga kini Maarten Paes belum bisa bermain untuk Timnas Indonesia karena masih terkendala regulasi FIFA.

Meski begitu masa depannya di klub profesional terlihat cemerlang, setelah guru transfer Italia Fabrizio Romano menyebut Maarten Paes sudah menyepakati akan bergabung dengan Empoli. "Negosiasi sedang berlangsung untuk peminjaman (Maarten Paes) plus kewajiban pembelian," cuit Fabrizio Romano di media sosial X, tertanggal 13 Juli 2024.

Tinggi Badan Maarten Paes

Baca Juga: Penyerang Naturalisasi Ini Turun ke Liga 2 Indonesia, Masanya Sudah Habis?

Bagi yang penasaran dengan tinggi badan Maarten Paes, tak perlu khawatir karena Suara.com sudah menemukan jawabannya. Melansir laman Transfermarkt, Maarten Paes memiliki tinggi badan 192 cm alias 1,92 meter.

Sebagai seorang penjaga gawang, tinggi badan Maarten Paes tergolong ideal untuk menunjang performa di lapangan. Bahkan dirinya lebih tinggi daripada beberapa kiper langganan Timnas Indonesia lainnya, seperti Andritany Ardhiyasa (185 cm), Nadeo Argawinata (189 cm),
Ernando Ari Sutaryadi (187 cm), Muhamad Ridho (182 cm).

Keunggulan tinggi badan ini dapat menjadi keuntungan bagi Maarten Paes dalam mengawal gawang, seperti:

  • Jangkauan yang lebih luas: Maarten Paes dapat menjangkau bola dengan lebih mudah, terutama pada tembakan tinggi ke arah gawang.
  • Meminimalisir kebobolan: Tinggi badan yang ideal membantu Maarten Paes dalam memotong umpan silang dan bola-bola atas dengan lebih efektif.
  • Meningkatkan rasa percaya diri: Keunggulan fisik dapat meningkatkan kepercayaan diri
  • Maarten Paes dalam menjaga gawang Timnas Indonesia.

Namun, perlu diingat bahwa tinggi badan bukan satu-satunya faktor yang menentukan kemampuan seorang kiper. Kemampuan individu seperti reflek, kelincahan, dan pengambilan keputusan juga sangat penting.

Sebagai pemain naturalisasi baru, Maarten Paes masih perlu menunjukkan kemampuannya dan bersaing dengan kiper-kiper Timnas Indonesia lainnya untuk mendapatkan tempat utama di penjaga gawang.

Baca Juga: Perlukah Timnas Indonesia U-19 Andalkan Pemain Naturalisasi? Pengamat: Boleh tapi...

Kolase Maarten Paes dan Fabrizio Romano. (Instagram/@maartenpaes & @fabrizioromano)Kolase Maarten Paes dan Fabrizio Romano. (Instagram/@maartenpaes & @fabrizioromano)

Karier Maarten Paes

Maarten Paes memulai karier sepak bolanya di akademi VV Union pada tahun 2012 sebelum pindah ke NEC pada tahun 2015. Pada tahun 2018, ia bergabung dengan akademi Utrecht U-21 dan setahun kemudian dipromosikan ke tim senior FC Utrecht. Bersama FC Utrecht, Paes tampil dalam 48 pertandingan dan mencatatkan 12 clean sheets. Pada tahun 2022, ia pindah ke MLS dan bergabung dengan FC Dallas dengan status pinjaman sebelum akhirnya transfernya dipermanenkan.

Pada musim 2023-2024, Paes tampil impresif dengan mencatatkan 25 penampilan dan 5 clean sheets bersama FC Dallas. Penampilannya yang konsisten membuatnya terpilih masuk dalam MLS All-Star 2024 bersama bintang-bintang dunia seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bakal #main #serie #tinggi #badan #maarten #paes #atas #rata #rata #kiper #timnas #indonesia

KOMENTAR