Sebagus Apa Derby County? Klub Divisi Championship Inggris yang Minati Elkan Baggott
Kolase Elkan Baggott dan Derby County. (Dok. Ipswich Town & Derby County)
16:36
18 Juli 2024

Sebagus Apa Derby County? Klub Divisi Championship Inggris yang Minati Elkan Baggott

Melihat sepak terjang Derby County di sepak bola Inggris seiring adanya rumor yang mengabarkan klub tersebut akan menjadi pelabuhan baru bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Derby County menjadi salah satu klub yang dikabarkan tertarik menggunakan jasa Elkan Baggott pada musim 2024/2025 mendatang.

Dalam laporan yang ada, klub berjuluk The Rams itu tengah bersaing dengan Wycombe Wanderers untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Jika melihat dua opsi tersebut, Derby County diyakini akan menjadi pilihan utama Elkan Baggott ketimbang Wycombe Wanderers andai meninggalkan Ipswich Town.

Baca Juga: Breaking News! Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Lagi, Unggul Tipis dari Malaysia

Pasalnya, Derby County saat ini bermain di kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship ketimbang Wycombe Wanderers yang bermain di kasta ketiga atau League One.

Di samping itu, Derby County punya status mentereng, yakni salah satu klub bersejarah di Inggris yang punya rekam jejak apik terhadap pemain muda ketimbang Wycombe Wanderers.

Lantas, seberapa bagus rekam jejak Derby County di sepak bola Inggris dan rekam jejaknya dalam mengayomi para pemain muda?

Klub Bersejarah dengan Prestasi Mewah

Klub Divisi Championship, Derby County. (Dok. Derby County)Klub Divisi Championship, Derby County. (Dok. Derby County)

Derby County merupakan salah satu klub tertua di Inggris yang lahir pada tahun 1884. Klub ini sendiri bermarkas di Pride Park Stadium yang terletak di wilayah Derby.

Baca Juga: Breakingnews! Shin Tae-yong Kembali ke Indonesia 12 Agustus 2024

Sejatinya Derby County bukanlah tim-tim penuh sejarah seperti layaknya tim-tim Inggris lainnya. Tapi, The Rams bisa dikatakan klub yang memiliki prestasi terbilang mewah.

Pada era 70 an, Derby County menuai sukses bersama pelatih legendaris Inggris, yakni Brian Clough, dengan menjuarai kasta teratas atau First Division pada musim 1971/72 dan 1974/75.

Bahkan, Derby County menjadi langganan Liga Champions (Piala Champions) tiga kali berturut-turut, dan berhasil menembus semifinal sebelum tumbang dari tangan Juventus pada musim 1972/73.

Selepas kepergian Brian Clough, Derby County mengalami penurunan prestasi dan harus rela bolak-balik dari kasta teratas ke kasta kedua dan bahkan kasta ketiga.

Di samping punya prestasi mewah, Derby County juga akrab dengan banyak pemain muda. Biasanya, klub ini menjadi sasaran klub-klub Premier League untuk meminjamkan pemainnya.

Salah satunya terjadi pada musim 2018/19 lalu, saat Chelsea mengirimkan dua pemain muda jebolan akademinya, yakni Mason Mount dan Fikayo Tomori.

Dua pemain tersebut datang dan langsung menjadi bagian penting Derby County hingga menembus final Playoff Championship 2018/19.

Usai menimba ilmu di Derby County, kedua pemain itu langsung menjadi pemain inti di Chelsea pada musim 2019/20, hingga kini Mason Mount bermain di Manchester United dan Fikayo Tomori bermain di AC Milan.

Di musim 2024/2025 ini, Derby County baru saja promosi ke Divisi Championship usai finis di peringkat kedua League One 2023/2024 kemarin.

Jika Elkan Baggott bergabung, ada kemungkinan bisa mengikuti jejak Mason Mount serta Fikayo Tomori yang bisa menembus tim utama usai tampil reguler bersama Derby County.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #sebagus #derby #county #klub #divisi #championship #inggris #yang #minati #elkan #baggott

KOMENTAR