Budi Sudarsono: Legenda Timnas Indonesia yang Sempat Dituding Jualan Sepatu Bekas
Foto yang diduga mantan pemain Persib Bandung, Budi Sudarsono sedang berjualan sepatu. (Twitter/@vikingcyber)
23:06
17 Juli 2024

Budi Sudarsono: Legenda Timnas Indonesia yang Sempat Dituding Jualan Sepatu Bekas

Mengenang kisah Budi Sudarsono, legenda Timnas Indonesia yang sempat diduga netizen mengais rezeki dari berjualan sepatu bekas usai berhenti berkarier di sepak bola.

Nama Budi Sudarsono bukanlah nama yang asing bagi pecinta sepak bola Indonesia, terutama di era 90 an akhir hingga era 2000an.

Saat masih berstatus pemain, Budi Sudarsono dikenal sebagai salah satu penyerang tajam di Liga Indonesia maupun di tim nasional.

Di level klub, pemain yang dijuluki Ular Piton ini pernah bermain di tim-tim besar Indonesia seperti Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persik Kediri, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-19 2024: Iqbal Gwijangge Brace, Timnas Indonesia Ungguli Filipina 4-0 di Babak I

Kariernya di level klub pun terbilang cemerlang dengan meraih dua gelar juara Liga Indonesia dan satu gelar Copa Indonesia serta Indonesia Community Shield.

Karena tampil mentereng di klub, karier Budi Sudarsono pun berlanjut ke Timnas Indonesia, di mana ia mencetak 47 caps dengan torehan 16 gol.

Salah satu gol ikonik dari Budi Sudarsono adalah golnya ke gawang Bahrain di Piala Asia 2007, yang membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan.

Usai gantung sepatu, Budi Sudarsono sempat hilang dari peredaran. Hingga akhirnya pada 2019 lalu, viral fotonya seakan sedang menjajakan sepatu bekas.

Karenanya, banyak netizen mengira Budi Sudarsono menjadi penjual sepatu bekas. Lantas, bagaimana kisahnya?

Baca Juga: Statistik Gacor Tristan Schenkhuizen, Pemain Keturunan Surabaya Dapat Kontrak Profesional dari Klub Eredivisie Belanda

Bantah Dugaan Banyak Pihak

Dalam foto yang viral pada 2019 tersebut, terlihat Budi Sudarsono terlihat mengenakan kaos berkerah dengan celana pendek warna hitam

Terlihat di depannya banyak sepatu bekas yang menumpuk dibarengi dengan kehadiran orang-orang di sekeliling Budi Sudarsono.

Karena foto tersebut, banyak yang mengira Budi Sudarsono bangkrut usai gantung sepatu dan beralih profesi menjadi penjual sepatu bekas di Batam.

Menanggapi isu tersebut, pria yang kini berusia 44 tahun itu memberi klarifikasi bahwa dirinya tak berjualan sepatu bekas seperti dugaan banyak pihak.

Dilansir dari berbagai sumber, momen itu dipotret orang saat dirinya sedang mencari oleh-oleh untuk keluarga dan rekan di kampungnya.

Memang saat itu, Budi Sudarsono tengah berada di Batam karena dirinya berstatus pelatih tim Liga 3, yakni PS Batam.

Di samping itu, Budi Sudarsono juga menyebutkan bahwa dirinya tak mempermasalahkan banyaknya anggapan banyak orang yang mengira dirinya berjualan sepatu bekas.

Baginya, apapun pekerjaan yang Budi Sudarsono lakukan selama itu halal, ia tak akan mempermasalahkan penilaian orang lain.

“Ini yang bikin viral kemarin. Kalau saya mau kerja apa aja tidak masalah yg penting halal, orang mau menilai seperti apa tidak masalah saya tetap positive thinking aja husnudhonbillah,” tulis Budi Sudarsono.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #budi #sudarsono #legenda #timnas #indonesia #yang #sempat #dituding #jualan #sepatu #bekas

KOMENTAR