3 Pesaing Thom Haye di Lini Tengah jika Gabung AZ Alkmaar, Bisa Jadi Pemain Inti?
Akun FIFA World Cup pajang foto salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Thom Haye usai skuad garuda memastikan lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (FIFA)
23:54
15 Juli 2024

3 Pesaing Thom Haye di Lini Tengah jika Gabung AZ Alkmaar, Bisa Jadi Pemain Inti?

Thom Haye kian kuat dikabarkan bakal bergabung dengan klub Eredivisie, AZ Alkmaar. Lantas, bagaimana persaingannya dengan pemain lain di sana?

Status Thom Haye saat ini sedang tanpa klub usai kontraknya tak diperpanjang SC Heerenveen. Berbagai rumor soal masa depannya mulai terdengar.

Namun rumor mencuat menyebutkan bahwa gelandang berusia 29 tahun ini akan gabung ke AZ Alkmaar. Hal ini diketahui dari postingan terbarunya di Instagram.

Thom Haye membagikan potretnya di depan tempat latihan AZ Alkmaar. Ia juga menuliskan 'work done' atau pekerjaan selesai di keterangan postingan.

Baca Juga: Siap Tempur! Catat Tanggalnya, Timnas Indonesia Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Thom Haye belum lama ini berada di markas AZ Alkmaar. (Kolase Dok. PSSI dan Instagram @thomhaye)Thom Haye belum lama ini berada di markas AZ Alkmaar. (Kolase Dok. PSSI dan Instagram @thomhaye)

Sontak unggahannya itu memperkuat kemungkinan gelandang Timnas Indonesia tersebut bergabung dengan AZ Alkmaar. Terlebih, ia sempat menimba ilmu di akademi klub itu.

Lantas, siapa saja pesaing Thom Haye di posisi gelandang bertahan jika ia bergabung dengan AZ Alkmaar?

1. Peer Koopmeiners

Gelandang bertahan berusia 24 tahun ini merupakan produk asli binaan akademi Alkmaar dan promosi ke tim utama pada Juli 2021.

Namun ia sering dipinjamkan ke klub lain, mulai dari Excelsior hingga terakhir ke Almere City. Musim lalu ia jadi pilihan utama di Almere City dengan total 34 penampilan di semua ajang dan mencetak 10 assist.

Baca Juga: Tak Masalah Elkan Baggott Tolak Panggilan Shin Tae-yong, Manajer Timnas: Kami Banyak Stok Pemain Naturalisasi

Dari segi persaingan, Thom Haye harus bersaing ketat dengannya karena Koopmeiners berpotensi jadi pilihan utama lini tengah AZ Alkmaar musim depan.

2. Jordy Clasie

Jordy Clasie adalah gelandang veteran milik AZ Alkmaar dan masih punya kontrak hingga Juni 2025. Posisinya besar kemungkinan sulit digeser karena ia merupakan wakil kapten.

Musim lalu ia selalu jadi andalan dengan mencatatkan 39 penampilan di semua ajang buat Alkmaar. Ia mencetak 2 gol dan 3 assist.

3. Kristijan Belic

Gelandang asal Belgia ini baru didatangkan pada Januari 2024 dan punya kontrak hingga 2028. Pemain berusia 23 tahun itu bakal menjadi aset jangka panjang AZ Alkmaar.

Tapi karena posisi inti gelandang bertahan lebih sering diisi oleh Clasie, Belic lebih banyak dimainkan sebagai gelandang tengah.

Musim lalu bersama AZ Alkmaar tampil dalam 15 pertandingan di semua ajang dengan catatan satu assist.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pesaing #thom #haye #lini #tengah #jika #gabung #alkmaar #bisa #jadi #pemain #inti

KOMENTAR