Hadiah Piala Presiden 2024 Meroket Jadi Rp5 Miliar, Siapa Penyokongnya?
Arsip-Pesepak bola Arema FC Ilham Udin Armaiyn (kiri) mencoba melewati pesepak bola Borneo FC Muhammad Sihran pada leg kedua final Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (17/7/2022). [ANTARA FOTO/ Sahid Setiawan/wpa]
14:48
14 Juli 2024

Hadiah Piala Presiden 2024 Meroket Jadi Rp5 Miliar, Siapa Penyokongnya?

Sumber dana hadiah dalam kompetisi sepak bola Piala Presiden 2024 yang baru saja diumumkan menjadi pertanyaan berbagai pihak.

Pasalnya, penyelenggara berani menggelontorkan dana Rp5 miliar sebagai hadiah. Jumlah ini tentu saja sangat besar mengingat apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penyelenggaran terakhir Piala Presiden pada 2022 hanya menyediakan total hadiah di kisaran Rp2 miliar.

Dalam keterangan resminya, Ketua Steering Comitte Piala Presiden 2024 Maruarar Srait menyebutkan dana tersebut sepenuhnya disokong oleh sponsor yang semuanya merupakan institusi swasta.

Kendati begitu, Maruarar tidak memerinci nama – nama pihak swasta yang ikut menyokong pemberian hadiah tersebut. Namun, dia menegaskan tidak ada unsur BUMN, dana APBN, maupun APBD yang terlibat dalam pemberian hadiah.

Baca Juga: Prediksi Skuad Persebaya Surabaya di Liga 1 Musim Depan, Bakal Lebih Gila dari Musim Lalu?

Lebih lanjut, Maruarar menerangkan total hadiah itu merupakan buah dari kepercayaan publik karena penyelenggaraan Piala Presiden dibuat sangat transparan.

Komite kembali menggandeng PricewaterhouseCoopers (PwC) sebuah lembaga keuangan untuk mengaudit perputaran uang di ajang tersebut. Sistem yang diterapkan selama bertahun – tahun ini menghasilkan audit yang kredibel sehingga sponsor menaruh kepercayaan terhadap keberjalanan turnamen.

Sebagai informasi, Piala Presiden 2024 akan digelar mulai 19 Juli 2024 di Bandung, Jawa Barat dengan delapan klub peserta yakni Persis Solo, Borneo FC, Persib Bandung, PSM Makassar, Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Piala Presiden Tahun – Tahun Sebelumnya

Pada gelaran terakhir, Piala Presiden 2022 hanya menyediakan Rp2 miliar hadiah. Jumlah ini turun drastis mengingat pemenang Piala Presiden 2019 berhak mendapatkan yang tunai Rp3,3 miliar.

Baca Juga: Bawa Persib Juara Liga 1, Stefano Beltrame Pilih untuk Turun Kasta

Runner up Piala Presiden 2019 berhak mendapatkan Rp2 miliar, namun kini runner up Piala Presiden 2022 hanya akan mendapatkan Rp1 miliar.  Sementara itu, emifinalis di peringkat ke-3 dan ke-4 masing-masing memperoleh Rp500 juta. 

Tak seperti tahun ini dengan penyelenggaraan hanya dipusatkan di satu kota, Piala Presiden 2022 digelar di empat kota sekaligus yakni Solo, Malang, Samarinda, dan Bandung. Grup A yang terdiri dari Persis, PSIS, Dewa United, Persita, dan PSS Sleman akan bertanding di Solo.

Grup B meliputi Borneo FC, Barito Putera, Persija, Rans Nusantara FC, dan Madura United berlaga di Samarinda. Sementara itu Grup C meliputi Persib, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya akan bermain di Bandung. Terakhir Grup D yang terdiri dari Arema FC, Persikabo, PSM, dan Persik akan bermain di Malang. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #hadiah #piala #presiden #2024 #meroket #jadi #miliar #siapa #penyokongnya

KOMENTAR