Skill Marselinus Ama Ola, Penyerang Klub Spanyol yang Perkuat Timnas Indonesia U-19
Marselinus Ama Ola. (Instagram/@marselinusamaola)
11:36
14 Juli 2024

Skill Marselinus Ama Ola, Penyerang Klub Spanyol yang Perkuat Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, akhirnya memilih sejumlah pemain keturunan untuk melanjutkan proses naturalisasi, salah satunya yakni Marselinus Ama Ola yang berasal dari klub Spanyol

Nama Marselinus Ama Ola menjadi salah satu pemain diaspora yang diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2024. Namanya masih bertahan hingga pemusatan latihan (TC) di Surabaya.

Bukan tidak mungkin, Marselinus Ama Ola bakal menjadi salah satu pemain diaspora yang bertahan saat Indra Sjafri mengumumkan daftar 23 nama pemain terakhir yang didaftarkan untuk Piala AFF U-19 2024.

Selain Marselinus, ada dua nama pemain abroad lainnya yang berpotensi lolos hingga daftar final. Mereka adalah Welberlieskoot De Jardim serta Jens Raven. Keduanya sampai saat ini juga masih bertahan.

Baca Juga: 4 Fakta Marselinus Ama Ola, Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Cetak Gol di Liga Spanyol hingga Punya Saudara di Persija

Lalu, bagaimana sebetulnya latar belakang Marselinus Ama Ola? Seperti apa rekam jejak pemain keturunan ini hingga akhirnya bisa menembus daftar akhir Timnas Indonesia U-19? Berikut Suara.com sajikan ulasannya.

Pemain muda Indonesia, Marselinus Ama Ola saat membela klub Spanyol UD Logrones. [Dok. Instagram/@marselinusamaola]Pemain muda Indonesia, Marselinus Ama Ola saat membela klub Spanyol UD Logrones. [Dok. Instagram/@marselinusamaola]

Sebagai informasi, Marselinus Ama Ola merupakan pemain yang diketahui berasal dari Desa Horowura, Kecamatan Adonara Tengah, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia lahir pada 21 Maret 2005.

Kariernya di dunia sepak bola diawali di level lokal. Awalnya, dia bergabung dengan ASIOP Football Academy pada 2016. Di akademi tersebut, potensi dan kemampuan Marselinus mendapatkan tempaan intensif.

Bersama akademi itu, dia juga menimba ilmu untuk mematangkan kualitasnya, yakni sebagai penyerang dan winger. Dari sana, potensinya dianggap mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Oleh karena itu, SSB Bintang Ragunan sempat meminjam jasanya pada 2019. Sebab, ketika itu SSB Bintang Ragunan tengah berkompetisi di ajang Liga Kompas Gramedia U-14 2019. Kiprahnya pun cukup mentereng.

Baca Juga: Kick-off Pekan Depan! Ini Jadwal Siaran Langsung, Format dan Regulasi Piala AFF U-19 2024

Sebab, di ajang tersebut, Marselinus Ama Ola sukses menyabet penghargaan sebagai Pemain Terbaik Liga Kompas Gramedia U-14 bulan November 2019. Ini menjadi prestasi penting bagi Marselinus di usia muda.

Selain itu, dia juga bisa merengkuh penghargaan Pemain Terbaik pada ajang TopSkor Cup National Championship (TCNC) U-18 2023. Di ajang tersebut, ASIOP juga sukses keluar sebagai jawara.

Label pemain terbaik ini dipersembahkan kepada Marselinus karena dia punya skill mumpuni. Dia tak hanya piawai mencetak gol, tetapi juga bisa membongkar pertahanan lawan dan mengirim umpan-umpan akurat melalui skill individunya.

Seluruh kemampuan itu mengantarkan Marselinus untuk bergabung dengan klub Liga Spanyol, UD Logrones. Pada musim 2023/2024, dia bermain sebanyak lima kali dan menyumbang satu gol.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #skill #marselinus #penyerang #klub #spanyol #yang #perkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR