Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: 'Robot Canggih' Itu Bernama Rodri
Gelandang timnas Spanyol, Rodri merayakan kemenangan atas Prancis di semifinal Euro 2024. [Dok. AFP]
13:48
13 Juli 2024

Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: 'Robot Canggih' Itu Bernama Rodri

Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris diprediksi bakal berlangsung sengit. Salah satu pemain yang dinilai akan memainkan peran krusial adalah gelandang Spanyol, Rodrigo Hernández Cascante, atau yang lebih dikenal dengan Rodri.

Duel Spanyol vs Inggris di final Euro 2024 akan berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin pada Senin (15/7) pukul 02.00 WIB.

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, menyebut Rodri sebagai "komputer" di lapangan karena kemampuannya mengatur taktik dan mengendalikan tempo permainan.

"Kami punya Rodri sebagai komputer yang sempurna. Dia mengatur segalanya, emosi, semua momen dengan cara yang sistematis. Cara dia sangat membantu semua orang," kata De la Fuente dikutip Suara.com dari AFP, Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga: Inggris Tembus Final, Southgate Ingin Tebus Dosa di Wembley Empat Tahun Lalu

Rodri, yang kini berusia 28 tahun, telah memperkuat timnas Spanyol sejak 2018. Namun, performanya sempat meredup karena ditempatkan di posisi bek, bukan gelandang yang merupakan posisi aslinya.

Gelandang timnas Spanyol, Rodri saat berduel memperebutkan bola dengan dua pemain Prancis selama semifinal Euro 2024. [Dok. AFP]Gelandang timnas Spanyol, Rodri saat berduel memperebutkan bola dengan dua pemain Prancis selama semifinal Euro 2024. [Dok. AFP]

Baru di bawah asuhan Luis de la Fuente, Rodri menemukan kembali performa terbaiknya. Bermain di posisi gelandang, Rodri menjelma menjadi metronom lini tengah tim Matador, mengatur serangan, membaca pertandingan, sekaligus mengorganisir lini belakang.

Kehebatan Rodri diakui oleh banyak pihak, termasuk pemain Inggris Ollie Watkins. "Dia mendikte permainan dengan cara dia bermain. Saya merasa Rodri adalah kunci utama permainan mereka," ujar Watkins.

Bahkan, bek Real Madrid dan timnas Spanyol, Dani Carvajal, sampai-sampai mengajak Rodri untuk pindah ke Los Blancos. "Saya sering memintanya untuk datang ke Madrid," kata Carvajal.

Namun, Rodri menegaskan komitmennya untuk Manchester City, klub yang dibelanya sejak 2019.

Baca Juga: Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris

Pertandingan Spanyol vs Inggris diprediksi bakal menjadi duel sengit antara dua tim dengan gaya bermain berbeda. Rodri dengan kecerdasan dan kontrolnya di lini tengah akan menjadi kunci bagi Spanyol untuk meraih kemenangan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #spanyol #inggris #final #euro #2024 #robot #canggih #bernama #rodri

KOMENTAR