Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris
Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris [AFP]
22:36
11 Juli 2024

Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris

Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) waktu setempat bergemuruh di menit ke-90 saat umpan manis Cole Palmer dikonversi menjadi gol oleh pemain pengganti, Ollie Watkins.

Watkins dengan tenang mengontrol bola meski mendapat kawalan ketat dari bek Stefan de Vrij. Watkins mendorong bola, mencoba mencari celah untuk menendang.

de Vrij terus menempel ketat Watkins. Saat mendapat ruang untuk menendang, Watkins melepaskan sepakan meski sudut pandang terhalang badan de Vrij.

Sepakan Watkins keras, tepat meluncur deras tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Belanda, Bart Verbruggen. Suporter bersorak kegirangan, begitu juga Watkins dan rekan-rekannya.

Baca Juga: Usia 16 Tahun, Gaji Lamine Yamal Per Minggu Setara 100 Kali UMR Jakarta

Papan skor di Signa Iduna Park berubah menjadi 2-1. Saat wasit Jerman, Felix Zwayer meniup peluit akhir, kebahagian tergambar jelas di wajah-wajah para pemain dan pendukung Inggris.

Gol Watkins mengantarkan Inggris lolos ke partai final Euro 2024. Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Xavi Simons, tim Tiga Singa itu menang 2-1 lewat gol penalti Harry Kane dan sepakan indah Watkins.

Sosok Ollie Watkins pun dipuja publik Inggris sebagai pahlawan di Euro 2024. Yang menarik, sebelum kini menyandang gelar pahlawan, Watkins ternyata dulu mantan pemain amatir.

10 tahun lalu, Watkins masih menyandang status sebagai pemain pinjaman di klub League Two Exeter, kompetisi non liga di Inggris.

Bermain di kompetisi amatir, Watkins menorehkan 10 dari 24 caps. Torehan golnya ini membuat klub yang dibelanya Weston selamat dari jurang degradasi di kasta keenam Liga Inggris.

Baca Juga: Menyala Abangku, Beda Prestasi Lamine Yamal vs Jude Bellingham di Euro 2024

Ryan Northmore, pelatih Weston saat itu seperti dilansir dari The Sun mengatakan bahwa Watkins merupakan penyelamat klubnya dari jurang degradasi.

"Golnya menyelamatkan klub dari degradasi. Namun sebenarnya kontribusi Watkins lebih besar dari itu. Ia seperti mau melakukan apa saja, bahkan mengorbankan nyawa untuk timnya," sanjung Northmore.

Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris [Facebook Weston-super-Mare AFC]Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris [Facebook Weston-super-Mare AFC]

Penilaian positif tentang Watkins juga disampaikan oleh mantan rekannya, Jordan Joe. Anak eks pemain Manchsester United itu mengatakan bahwa Watkins merupakan tipikal pemain muda yang siap bekerja keras.

"Dia menurut saya merupakan tipe pemain muda yang siap menghadapi apapun," ucapnya.

Karier Watkins dimulai saat ia bermain di tim akademi Exeter City pada 2014. Ia kemudian dipinjamkan ke Weston Super Mare.

Pada 2017, Exeter City melepasnya ke Brentford. Tiga musim di Brentford, Watkins mencetak 45 gol dari 132 caps.

Pada 2020, Watkins resmi dipinang oleh Aston Villa. Ia dikontrak selama 5 tahun dan konon Villa merogeh kocek 28 juta poundsterling.

Pada 15 September 2020, Watkins jalani debut di Villa dan langsung mencetak gol di laga melawan Burton Albion di Piala Liga Inggris.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #ollie #watkins #dari #pemain #amatir #kini #jadi #pahlawan #inggris

KOMENTAR