Operasi Senyap, Kisah Shin Tae-yong Panggil Tijjani Reijnders pada 2022
Kolase Shin Tae-yong & Tijjani Reijnders. (Dok. PSSI dan AZ)
17:00
10 Juli 2024

Operasi Senyap, Kisah Shin Tae-yong Panggil Tijjani Reijnders pada 2022

Mengenang kisah kala Shin Tae-yong memanggil Tijjani Reijnders untuk membela Timnas Indonesia pada 2022 lalu, sebelum dirinya menjadi andalan Belanda di Euro 2024 ini.

Tijjani Reijnders menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia di Eropa yang bersinar di kompetisi tertinggi benua biru saat ini.

Pemain yang kini berusia 25 tahun itu tercatat bermain bersama AC Milan yang tampil reguler di Liga Champions usai diboyong pada musim panas 2023 lalu dari AZ Alkmaar.

Setelah resmi bergabung AC Milan, Reijnders pun tak sekadar menjadi pelengkap, melainkan menjadi andalan di lini tengah tim berjuluk Rossoneri itu.

Baca Juga: Tolak Timnas Indonesia, Gabriel Han Willhoft-King Bisa Bela 5 Negara Lain

Gelandang AC Milan Tijjani Reijnders (kanan) mengontrol bola selama pertandingan sepak bola persahabatan pramusim antara AC Milan dan FC Barcelona, di Stadion Allegiant di Las Vegas, Nevada, pada 1 Agustus 2023.Patrick T. Fallon/AFPGelandang AC Milan Tijjani Reijnders (kanan) mengontrol bola selama pertandingan sepak bola persahabatan pramusim antara AC Milan dan FC Barcelona, di Stadion Allegiant di Las Vegas, Nevada, pada 1 Agustus 2023.Patrick T. Fallon/AFP

Karenanya, pemain eks jebolan akademi PEC Zwolle dan FC Twente itu mulai dilirik oleh Timnas Belanda senior untuk bermain di kancah internasional.

Reijnders mendapat panggilan ke Timnas Belanda pada September 2023 kemarin, dan melakoni debutnya di ajang Kualifikasi Euro 2024 kontra Yunani.

Sejak debut internasionalnya itu, Reijnders pun kemudian menjadi andalan Ronald Koeman di lini tengah Timnas Belanda.

Siapa yang menyangka, sebelum membela AC Milan dan kemudian dilirik Timnas Belanda, Reijnders dulunya adalah pemain yang diajak Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

Pada tahun 2022 lalu, atau saat Reijnders belum bersinar seperti saat ini, Shin Tae-yong mengajukan namanya ke mantan Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Baca Juga: PSSI Bongkar Isi Kontrak Shin Tae-yong Soal Target di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Sebenarnya...

Bukan tanpa alasan pelatih asal Korea Selatan itu mengajukan namanya. Saat itu, Reijnders tampil apik di AZ Alkmaar dengan mencetak dua gol dan dua assist dari 28 laga di berbagai ajang.

Setelah namanya disodorkan, PSSI pun bergerak untuk memastikan jika Reijnders punya darah Indonesia. Usai ditelusuri, ternyata ia memiliki darah Maluku dari keluarga sang ibu.

Sayangnya permintaan Shin Tae-yong agar Reijnders membela Timnas Indonesia tak terwujud usai PSSI menghubungi pihaknya.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani memberikan keterangan kepada pewarta di sela Kongres Biasa PSSI 2022, Bandung, Senin (30/5/2022). Dalam kesempatan itu, Hasani mengatakan bahwa dua pemain luar negeri keturunan Indonesia Jim Croque dan Ivar Jenner bersedia untuk memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. (Michael Siahaan)Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani memberikan keterangan kepada pewarta di sela Kongres Biasa PSSI 2022, Bandung, Senin (30/5/2022). Dalam kesempatan itu, Hasani mengatakan bahwa dua pemain luar negeri keturunan Indonesia Jim Croque dan Ivar Jenner bersedia untuk memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. (Michael Siahaan)

Disebutkan oleh Hassani Abdulgani, Reijnders belum berminat menjadi WNI. Diyakini, ia belum tertarik karena masih berhasrat menembus Timnas Belanda.

Sejak saat itu, Reijnders pun kemudian tampil cemerlang di level klub hingga diboyong AC Milan dan membuatnya dipanggil Timnas Belanda.

Meski kini membela Belanda, Reijnders pun tak lupa asal-usulnya dan masih mengingat Indonesia sebagai negara leluhurnya.

Hal ini pun terlihat di unggahan akun TikTok-nya, di mana ia mengunggah perayaan masyarakat Ambon, Maluku, usai Belanda lolos ke babak perempatfinal Euro 2024.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #operasi #senyap #kisah #shin #yong #panggil #tijjani #reijnders #pada #2022

KOMENTAR