3 Pemain Berpotensi Didepak Nova Arianto Jika Latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2024
Penyerang Timnas Indonesia, Dimas Drajad. (instagram.com/dimasdrajad)
15:06
8 Juli 2024

3 Pemain Berpotensi Didepak Nova Arianto Jika Latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Belakangan ini, dukungan deras mengalir kepada asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, yang didorong publik untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2024.

Kiprah Nova Arianto bersama Timnas Indonesia U-16 memang cukup istimewa. Meski gagal meraih gelar juara Piala AFF U-16 2024, tetapi performa anak asuhnya di kejuaraan ini membuat publik terkesima.

Khalayak menilai bahwa Nova layak menjadi pengganti sementara Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala AFF 2024. Pasalnya, dalam saat yang bersamaan, STY harus fokus mengasuh Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasalnya, jadwal penyelenggaraan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2026 Zona Asia dengan Piala AFF 2024 sangat berdekatan. Matchday kelima dan keenam babak itu akan berlangsung pada 14 dan 19 November 2024.

Baca Juga: Sebenarnya Timnas Indonesia Bisa Sikat China dengan Mudah di Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena 2 Hal Ini

Sementara itu, Piala AFF 2024 dijadwalkan bergulir pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Pendeknya jarak antarkejuaraan ini bisa menyulitkan Shin Tae-yong jika harus fokus dua-duanya.

Jika Nova Arianto benar-benar ditunjuk PSSI untuk menghadapi Piala AFF 2024, setidaknya ada beberapa nama pemain yang berpotensi dicoret karena masalah kebugaran.

1. Dimas Drajad

Nova Arianto tampaknya bakal mendepak salah satu striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad, pada Piala AFF 2024. Faktor kebugaran menjadi alasan utama mengapa pemain asal Persikabo 1973 tersebut tersingkir dari persaingan.

Dimas Drajad sempat terlihat kesulitan ketika mengikuti persiapan menghadapi Irak dan Filipina pada dua laga terakhir Putaran Kedua. Saat mengikuti latihan, kebugarannya tampak bermasalah.

Baca Juga: Habis Operasi Besar Pleuritis, Berat Badan Shin Tae-yong Turun 5 Kg

Nova sepertinya bakal memilih pemain-pemain yang punya etos kerja tinggi di lini serang semacam Ramadhan Sananta. 

2. Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan juga menjadi salah satu pemain yang berpotensi terdepak dari Timnas Indonesia pada Piala AFF 2024. Apalagi, belakangan ini namanya jarang muncul dari daftar panggilan.

Belakangan ini, Dendy kesulitan bersaing di lini depan Timnas Indonesia. Striker Bhayangkara FC ini sudah mulai tersingkir dari ketatnya persaingan untuk memperkuat skuad Merah Putih.

Ada beberapa opsi pemain muda yang bisa dimaksimalkan untuk menggantikan Dendy. Salah satu alternatif yang bisa dimaksimalkan ialah Hokky Caraka.

3. Saddil Ramdani

Selanjutnya, ada nama Saddil Ramdani yang sepertinya tak akan masuk dalam kerangka tim Nova Arianto jika ditunjuk sebagai caretaker Timnas Indonesia pada Piala AFF 2024.

Sebab, Nova banyak mengandalkan pemain-pemain yang punya kebugaran tinggi karena harus bisa bermain penuh sepanjang laga dengan menjaga intensitas permainan tetap terjaga.

Saddil akan kesulitan dengan gaya permainan seperti ini. Sebab, dia tak hanya bertugas menyerang saja, tetapi juga harus aktif membantu pertahanan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #berpotensi #didepak #nova #arianto #jika #latih #timnas #indonesia #piala #2024

KOMENTAR