3 Kiper Top Dunia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Hadapi Tembok Tangguh
Kiper Jepang keturunan Ghana, Zion Suzuki. (Dok. FIFA)
19:42
4 Juli 2024

3 Kiper Top Dunia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Hadapi Tembok Tangguh

Timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan kuat di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim-tim tersebut juga memiliki kiper tangguh yang bakal jadi tantangan bagi pemain Garuda dalam mencetak gol.

Sebagai informasi, hasil undian menempatkan tim asuhan Shin Tae-yong di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Timnas Indonesia menjadi tim dengan Ranking FIFA terendah di Grup C. Mereka, bersama Bahrain, juga menjadi tim yang belum pernah mencicipi atmosfer Piala Dunia.

Berikut 3 kiper tangguh yang akan dihadapi Timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Simak ulasannya.

Baca Juga: Matangkan Persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia akan TC di Luar Negeri

1. Mohammed Al Owais

Arab Saudi tampil impresif di putaran kedua Grup G, hanya kalah satu kali dari lima laga.

Mereka meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang, total 13 poin, finis di posisi kedua di bawah Yordania.

Mohammed Al Owais, kiper utama mereka, hanya kebobolan tiga gol dalam fase ini.

Kiprahnya yang solid telah menunjukkan kehebatannya, termasuk saat Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 dalam Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Resmi Jadi Rekan Setim Lionel Messi, Maarten Paes Malah Dapat Kabar Buruk

Di kualifikasi Piala Dunia 2026, Roberto Mancini terus mempercayakan Al Owais sebagai pilihan utama di bawah mistar. Pertanyaannya, mampukah Timnas Indonesia menembus pertahanannya?

2. Wang Dalei

Meski tidak konsisten dalam lima laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas China tetap menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Aleksandar Jankovi dan timnya berharap putaran ketiga di Grup C menjadi momentum untuk bangkit.

China hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan di fase sebelumnya. Performa Wang Dalei sebagai kiper senior, yang dipertanyakan, membuatnya bersaing dengan Yan Junling.

Namun, di putaran ketiga nanti, Wang Dalei kemungkinan besar akan tetap menjadi pilihan utama sebagai kiper, meski masih ada perdebatan seputar penampilannya di lapangan.

3. Zion Suzuki

Penjaga gawang timnas Jepang, Zion Suzuki melompat untuk menyelamatkan bola hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan. Gawang Jepang akhirnya bobol usai bola sundulan Elkan Baggott disambar Sandy Walsh (tak ada dalam foto) selama pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.Penjaga gawang timnas Jepang, Zion Suzuki melompat untuk menyelamatkan bola hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan. Gawang Jepang akhirnya bobol usai bola sundulan Elkan Baggott disambar Sandy Walsh (tak ada dalam foto) selama pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.

Jepang menonjol sebagai ancaman serius di Grup C berkat kehadiran amunisi kuat di semua posisi, termasuk dalam penjaga gawang mereka, Zion Suzuki, yang masih berusia 21 tahun.

Suzuki dianggap sebagai kiper masa depan Jepang, dan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menjadi panggungnya untuk menunjukkan kemampuannya.

Di fase sebelumnya, Suzuki berhasil menjaga gawangnya tetap bersih dalam dua pertandingan melawan Korea Utara dan Suriah.

Bersama klub Sint-Truiden dari Belgia, dia menunjukkan performa stabil dalam 32 pertandingan musim lalu, setelah awalnya hanya menjadi pemain pinjaman dari Red Diamonds, Jepang.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kiper #dunia #grup #kualifikasi #piala #dunia #2026 #indonesia #hadapi #tembok #tangguh

KOMENTAR