Timnas Indonesia Tambah Naturalisasi, 3 Nama Disetor ke PSSI!
Jens Raven bersama pemain keturunan lainnya di Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@jensraven9)
09:18
2 Juli 2024

Timnas Indonesia Tambah Naturalisasi, 3 Nama Disetor ke PSSI!

Timnas Indonesia akan segera mendapat tambahan pemain naturalisasi khususnya untuk kelompok umur U-19/20. Pelatih Indra Sjafri telah menyodorkan tiga nama pemain keturunan ke PSSI.

Indra Sjafri memang tidak menjelaskan secara detail perihak tiga pemain keturunan yang dia rekomendasikan untuk segera dinaturalisasi oleh PSSI.

Namun, merujuk skuad di Toulon Cup 2024, Garuda Muda diperkuat lima pemain keturunan yakni Jens Raven, Sam Yvel, Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, dan Dion Markx.

Nama pertama telah resmi dinaturalisasi dan diproyeksikan bakal tampil bareng Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 pada Juli ini.

Baca Juga: Gol Jarak Jauh Zhaby Gholy ke Gawang Australia, Marselino Ferdinan Diminta Belajar

"Saya ada merekomendasikan posisi depan satu, bek tengah satu, dan kalau enggak salah bek kiri satu," kata Indra Sjafri di Jakarta, dikutip pada Selasa (2/7/2024).

"Saya sudah bicarakan itu dengan PSSI."

 Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri saat ditemui di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri saat ditemui di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Merujuk pernyataan Indra, tiga pemain yang dimaksud kemungkinan adalah Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, dan Dion Markx. Hal itu merujuk posisi pemain yang sesuai dengan deskripsi sang pelatih.

"Untuk namanya biar PSSI yang merilis karena nama tersebut akan muncul valid kalau setelah silsilahnya ditelusuri dan memang bisa untuk diproses dan orang tuanya mau untuk diproses," jelas Indra Sjafri.

Indra harus menunggu hasil penelusuran PSSI karena ingin memastikan pemain rekomendasinya sudah memenuhi syarat untuk dinaturalisasi.

Baca Juga: Duel Sengit, Timnas Indonesia U-16 Tahan Imbang Australia 2-2 di Babak Pertama

Sebelumnya, dia mengaku sempat mendengar bahwa terdapat pemain yang tidak sesuai dengan Undang-Undang nomor 12 tahun 2006 dan juga aturan FIFA.

"Makanya sekarang tim PSSI sedang mencoba menelusuri apakah secara administrasi memungkinkan untuk diproses atau tidak," tambahnya.

Kehadiran tiga pemain keturunan baru akan semakin memperkuat Timnas Indonesia U-19/20. Seperti Jens Raven. Ketiga pemain muda ini tetap bisa dijadikan opsi oleh tim nasional senior.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #tambah #naturalisasi #nama #disetor #pssi

KOMENTAR