Timnas Indonesia U-16 Dihajar Australia 3-5, Nova Arianto Tetap Puji Mental Pemain
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (dok. PSSI)
06:18
2 Juli 2024

Timnas Indonesia U-16 Dihajar Australia 3-5, Nova Arianto Tetap Puji Mental Pemain

Pelatih Nova Arianto mengapresiasi mental para pemain Timnas Indonesia U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2024 atau sekarang bernama ASEAN U-16 Boys Championship di Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024) malam.

"Walaupun main dengan 10 pemain, tapi bisa mengimbangi Australia. Mental pemain luar biasa," kata Nova Arianto usai pertandingan semifinal Timnas Indonesia U-16 melawan Australia di Solo.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-16 menyerah dengan skor 3-5 melawan Australia.

Nova mengakui permainan tim Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- sedikit berubah sejak wasit memberikan kartu merah kepada Raihan Apriansyah Sudrajat di menit ke-30.

Baca Juga: Mengulik Kans Cristiano Ronaldo Pensiun Andai Portugal Kandas di 16 Besar Euro 2024 Hari Ini

"Secara evaluasi memang kartu merah yang terlalu cepat di menit ke-30, itu yang membuat perjalanan pertandingan sedikit berbeda," katanya seperti dilansir Antara, Selasa (2/7/2024).

Ia mengatakan kondisi tersebut berdampak pada para penggawa Timnas Indonesia U-16 yang kesulitan untuk keluar dari tekanan lawan.

"Ya, di sini saya bilang daya juang pemain saya secara mentalitas sangat-sangat luar biasa. Ini jadi pelajaran yang berharga buat pemain kami, juga di mana kami sering buat blunder-blunder di lini belakang yang mengakibatkan kami kena kartu merah dan kemasukan gol," tutur eks pemain Persib Bandung itu.

Nova mengatakan kompetisi AFF kali ini menjadi ajang persiapan Timnas Indonesia U-16 menghadapi kualifikasi Piala Asia U-16 dan menjadi perjalanan yang baik bagi para pemain.

"Ini pelajaran yang baik buat mereka agar ke depannya bisa lebih baik, bisa lebih berprogres," kata asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior itu.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-16 2024: Dikalahkan Australia, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Final

Dengan kekalahan tersebut, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam untuk memperebutkan juara ketiga pada Piala AFF U-16 2024 pada Rabu (3/7) di Stadion Manahan Solo.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #dihajar #australia #nova #arianto #tetap #puji #mental #pemain

KOMENTAR