4 Gelandang Jepang Top Dunia yang Bisa Acak-acak Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
19:00
1 Juli 2024

4 Gelandang Jepang Top Dunia yang Bisa Acak-acak Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia siap menghadapi tantangan berat pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk meraih tiket ke putaran final ajang prestisius itu.

Tim Garuda akan memulai petualangan mereka dengan menghadapi Arab Saudi dalam laga tandang pada 5 September mendatang.

Selain Arab Saudi, mereka juga akan berhadapan dengan Bahrain, China, Australia, dan Jepang.

Jepang, khususnya, dikenal memiliki gelandang-gelandang kelas dunia yang bisa menjadi ancaman serius bagi Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Baca Juga: Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, China Incar 2 Pemain Naturalisasi Baru

1. Ao Tanaka

Gelandang Timnas Jepang #17 Ao Tanaka merayakan gol kedua timnya bersama rekan satu timnya selama matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 1 Desember 2022.Permata SAMAD / AFPGelandang Timnas Jepang #17 Ao Tanaka merayakan gol kedua timnya bersama rekan satu timnya selama matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 1 Desember 2022.Permata SAMAD / AFP

Awalnya dipinjam dari Kawasaki Frontale pada musim 2020/2021, Ao Tanaka akhirnya didatangkan secara permanen oleh Fortuna Düsseldorf berkat performa gemilangnya.

Musim lalu, gelandang berusia 25 tahun ini tampil dalam 38 pertandingan tanpa absen, mencetak delapan gol dan empat assist.

Di babak kedua kualifikasi terakhir, Tanaka bermain dalam tiga pertandingan Grup B, mencatatkan satu gol dan satu assist.

Ao Tanaka akan menjadi tantangan berat bagi lini tengah Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Thom Haye. Menghentikan permainan brilian Tanaka akan menjadi kunci bagi Indonesia untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 vs Australia: Laga Spesial Mathew Baker Melawan Tanah Kelahiran

2. Keito Nakamura

Dari Ligue 1 Prancis, Jepang membawa kekuatan tengah mereka, Keito Nakamura, untuk menghadapi Timnas Indonesia. Nakamura kini bermain untuk Reims setelah meninggalkan LASK Austria pada 2023.

Di Reims, Nakamura telah bermain dalam 25 pertandingan Ligue 1 2023/2024, mencetak empat gol dan satu assist.

Meskipun cedera engkel membatasinya hanya tampil dalam dua pertandingan babak kedua kualifikasi, Nakamura tetap menyumbang dua gol dan satu assist.

3. Ritsu Doan

Gelandang Timnas Jepang #08 Ritsu Doan coba mencetak gol melewati kiper Jerman #01 Manuel Neuer selama matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman vs Jepang di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 23 November 2022.Permata SAMAD / AFP.Gelandang Timnas Jepang #08 Ritsu Doan coba mencetak gol melewati kiper Jerman #01 Manuel Neuer selama matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman vs Jepang di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 23 November 2022.Permata SAMAD / AFP.

Satu lagi andalan Timnas Jepang di sayap, Ritsu Dan, selalu menjadi starter dalam berbagai formasi yang digunakan pelatih Hajime Moriyasu.

Pergerakannya yang lincah dan kepiawaiannya menguasai bola membuatnya menjadi ancaman serius bagi lini belakang lawan. Musim lalu, Doan bermain dalam 42 pertandingan untuk SC Freiburg, mencetak tiga gol dan dua assist.

Ritsu Dan pasti akan mendapat perhatian ekstra dari Thom Haye dan rekan-rekannya dalam pertandingan mendatang.

4. Wataru Endo

Gelandang andalan Timnas Jepang, Wataru Endo (tengah). [PAUL MILLER / AFP]Gelandang andalan Timnas Jepang, Wataru Endo (tengah). [PAUL MILLER / AFP]

Saat bola mati, Hajime Moriyasu sering memanggil Wataru Endo ke pinggir lapangan untuk memberikan instruksi kepada pemain Timnas Jepang.

Endo, yang sangat vital bagi tim, terutama bagi Moriyasu, sering memberikan isyarat khusus untuk membantu tim tetap fokus selama serangan.

Endo, yang bergabung dengan Liverpool dari VfB Stuttgart pada Agustus 2023, telah tampil dalam 29 pertandingan Premier League 2023/2024, mencetak satu gol dan mendapatkan 10 kartu kuning.

Di babak kedua kualifikasi terakhir, Endo tampil dalam tiga dari lima pertandingan tanpa kontribusi gol atau assist.

Namun, di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti, peran Endo akan lebih besar dari sekedar berkontribusi langsung lewat gol atau assist. Dia adalah jendral lapangan tengah Samurai Biru, yang punya peran besar untuk jadi jembatan dalam bertahan dan menyerang.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #gelandang #jepang #dunia #yang #bisa #acak #acak #timnas #indonesia #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR