Pilih Bertahan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beberkan Kekecewaan Mendalam Pada Korea Selatan
Ekspresi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Bay Ismoyo / AFP]
17:18
28 Juni 2024

Pilih Bertahan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beberkan Kekecewaan Mendalam Pada Korea Selatan

Shin Tae-yong mengisyaratkan dirinya tidak mau menerima tawaran untuk menjadi pelatih Korea Selatan. Hal ini membuatnya akan bertahan di timnas Indonesia.

Shin Tae-yong habis kontrak dengan timnas Indonesia pada akhir Juni 2024. Ia disebut akan memperpanjang kontrak sampai 2027 mendatang.

Akan tetapi, belum lama ini santer bahwa juru taktik berusia 54 tahun dilirik Taeguk Warriors. Namun, ia mengisyaratkan bahwa tidak mau menerima tawaran Korea Selatan.

Pasalnya Shin Tae-yong kecewa dengan Korea Selatan yang tidak memasukkan namanya sejak awal. Ia hanya ditunjuk sebagai juru selamat, seperti di tahun 2018 ketika menggantikan peran Uli Stelike.

Baca Juga: Timnas Indonesia Wajib Waspada! Bek Arab Saudi Suka Provokasi Pernah Bikin Cristiano Ronaldo Kartu Merah

"Negara saya adalah Korea dan saya sangat berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Korea karena mereka yang membawa saya ke posisi ini. Saya bisa mencapai titik ini karena kesempatan yang diberikan kepada saya," ucap Shin Tae-yong di YouTube Jo Pang-mae dikutip dari Wikitree.

"Namun saya selalu dipanggil sebagai petugas pemadam kebakaran ketika keadaan mendesak, jadi saya memanfaatkan setiap kesempatan dengan baik. Tapi saya kecewa karena tidak dimasukkan dalam daftar pertama pelatih timnas," imbuhnya.

Menurut Shin Tae-yong membangun sebuah timnas yang kuat tidak bisa dengan waktu singkat. Ia menegaskan hanya ingin menjadi pelatih Taeguk Warriors jika dikontrak empat tahun.

Dengan alasan tersebut, wajar jika STY akan bertahan bersama timnas Indonesia. Sebab, ia bakal ditawari kontrak jangka panjang tiga tahun sampai 2027.

Apalagi Shin Tae-yong juga sudah menjadi pelatih skuad Garuda sejak 2019 silam. Kehadirannya pun membawa pengaruh bagi timnas Indonesia yang kini berhasil mencapai round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Berpeluang Saksikan Laga Arab Saudi vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Editor: Arif Budi

Tag:  #pilih #bertahan #timnas #indonesia #shin #yong #beberkan #kekecewaan #mendalam #pada #korea #selatan

KOMENTAR