Garang di Euro 2024, 'Guru Olahraga' Ralf Rangnick Bungkam Mulut Besar Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (tengah) saat masih memperkuat Manchester United bersama Ralf Rangnick (kanan) sebagai pelatih interim klub. [BEN STANSALL / AFP]
22:30
26 Juni 2024

Garang di Euro 2024, 'Guru Olahraga' Ralf Rangnick Bungkam Mulut Besar Cristiano Ronaldo

Ralf Rangnick membuktikan tajinya sebagai pelatih top usai membawa Timnas Austria yang diasuhnya tampil gemilang sebagai tim kuda hitam di Euro 2024. Rangnick bisa dibilang sudah berhasil membungkam 'mulut besar' Cristiano Ronaldo.

Timnas Austria asuhan Ralf Rangnick baru saja melenggang ke babak 16 besar Euro 2024. Tergabung di Grup D yang tidak mudah, Austria malah lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Das Team --julukan Timnas Austria-- mengungguli dua tim elite Eropa, Prancis dan Belanda, untuk finis sebagai tim teratas di Grup D, pasca mengalahkan Belanda 3-2 dalam pertandingan matchday ketiga, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.

Permainan spartan Austria hasil dari racikan Rangnick ini seolah jadi jawaban atas kritik Cristiano Ronaldo yang sempat mengolok-olok pelatih kawakan asal Jerman tersebut.

Baca Juga: Van Nistelrooy Comeback, Eks Rekan Setim Minta Arda Guler Diboyong ke Manchester United

Pelatih Timnas Austria, Ralf Rangnick di Euro 2024. [JOHN MACDOUGALL / AFP]Pelatih Timnas Austria, Ralf Rangnick di Euro 2024. [JOHN MACDOUGALL / AFP]

Rangnick memang pernah jadi pelatih Ronaldo di Manchester United saat ia menggantikan Ole Gunnar Solskjaer untuk berperan sebagai caretaker alias manajer interim klub.

Rangnick punya hubungan yang tidak harmonis dengan Ronaldo. Dia tidak ragu menaruh megabintang asal Portugal itu di bangku cadangan Manchester United dan itu membuat CR7 jengkel.

"Kalau Anda bukan pelatih, bagaimana Anda bisa menjadi bos Manchester United?" kata Ronaldo dalam pernyataan yang sangat tidak menghormati Rangnick, saat interview bersama presenter Piers Morgan pada awal 2023 lalu.

"Saya belum pernah mendengar tentang dia. Bagaimana mungkin seorang 'guru olahraga' bisa dipercaya jadi pelatih di klub sekelas Manchester United, itu keputusan yang aneh."

Pernyataan Ronaldo ini cukup gempar, sebab Rangnick dikenal sebagai pelatih yang revolusioner di negara asalnya, Jerman. Utamanya sebagai pelatih yang mengajarkan modernisme ke pelatih-pelatih Jerman.

Baca Juga: Euro 2024: Desakan Pemecatan Southgate Muncul di Tengah Turnamen, Harry Redknapp Jadi Caretaker Timnas Inggris

Terkait Ronaldo vs Rangnick ini, sayangnya Austria dan Portugal tidak berpotensi bentrok pada fase gugur Euro 2024.

Di bracket fase gugur, Austria berada di bagan atas, sedangkan Portugal di bagan bawah. Kedua negara bisa bentrok jika ke final.

Adapun Portugal masih akan menjalani satu laga babak grup. Ronaldo dan kawan-kawan akan bentrok dengan Georgia pada matchday terakhir Grup F Euro 2024 di Stadion Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #garang #euro #2024 #guru #olahraga #ralf #rangnick #bungkam #mulut #besar #cristiano #ronaldo

KOMENTAR