Tahan Imbang Jerman, Pelatih Swiss Puji Pemain: Ini Perang Taktik!
Pelatih timnas Swiss, Murat Yakin selama memimpin timnya di Euro 2024. [Dok. AFP]
10:18
24 Juni 2024

Tahan Imbang Jerman, Pelatih Swiss Puji Pemain: Ini Perang Taktik!

Pelatih Swiss, Murat Yakin, memberikan pujian setinggi langit kepada para pemainnya atas penampilan luar biasa yang berhasil menahan imbang tuan rumah Jerman 1-1 pada laga pamungkas Grup A Euro 2024 di Frankfurt, Senin (24/6/2024) dini hari WIB.

Hasil imbang tersebut mengantarkan Swiss ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup A dengan perolehan lima poin, terpaut dua angka dari Jerman yang menjadi juara grup. Sementara itu, Skotlandia yang dikalahkan Hungaria harus dipastikan angkat koper dari turnamen ini.

"Saya harus memberikan pujian besar kepada tim," kata Murat Yakin dikutip dari AFP, Senin (24/6/2024).

"Itu adalah pertandingan yang penuh taktik, Anda bisa melihat seberapa banyak pemain kami yang berlari dan seberapa banyak yang berjuang," tambahnya.

Baca Juga: Jerman dan Swiss Lolos, Daftar Negara Melaju ke Babak 16 Besar Euro 2024

Pelatih keturunan Turki berstatus warga Swiss itu merasa taktik serangan balik yang diterapkan timnya sangatlah efektif untuk menghadapi tim-tim raksasa seperti Jerman.

Dari kiri: Gelandang timnas Swiss, Michel Aebischer, gelandang Jerman, Leroy Sane dan gelandang Swiss, Ruben Vargas berebut bola selama pertandingan Grup A Euro 2024 antara Swiss vs Jerman di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 23 Juni 2024.Tobias SCHWARZ / AFP.Dari kiri: Gelandang timnas Swiss, Michel Aebischer, gelandang Jerman, Leroy Sane dan gelandang Swiss, Ruben Vargas berebut bola selama pertandingan Grup A Euro 2024 antara Swiss vs Jerman di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 23 Juni 2024.Tobias SCHWARZ / AFP.

"Kami bisa mengganggu lawan dengan serangan balik kami," kata bekas pelatih Spartak Moscow dan FC Basel itu. "Saya sangat senang dengan gaya dan cara kami bermain."

Menjelang babak 16 besar, Swiss yang berstatus runner-up Grup A akan menghadapi juara Grup B, yang kemungkinan besar antara Italia atau Kroasia.

Murat Yakin menegaskan bahwa hasil imbang melawan Jerman menambah kepercayaan diri timnya. La Nati disebut tak gentar menghadapi lawan di 16 besar.

"Italia atau Kroasia. Rasanya menyenangkan memikirkan persiapan untuk menghadapi mereka," kata dia.

Baca Juga: Update Terbaru 2 Negara Tersingkir di Euro 2024

"Pertama-tama kami akan menikmati momen ini, kemudian meluangkan waktu untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya,” pungkas Yakin, demikian Antara.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #tahan #imbang #jerman #pelatih #swiss #puji #pemain #perang #taktik

KOMENTAR