Meski Jadi Meme, Romelu Lukaku Tetap Jadi Andalan Utama Selamatkan Muka Belgia di Euro 2024
Penyerang Timnas Belgia, Romelu Lukaku tampil di Euro 2024. [Kirill KUDRYAVTSEV / AFP]
20:06
22 Juni 2024

Meski Jadi Meme, Romelu Lukaku Tetap Jadi Andalan Utama Selamatkan Muka Belgia di Euro 2024

Timnas Belgia masih sangat mengandalkan striker Romelu Lukaku agar lolos dari fase grup Euro 2024. Ini dikatakan bek Jan Vertonghen jelang duel Belgia kontra Rumania di lanjutan Grup E, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB nanti.

Timnas Belgia kini duduk di dasar klasemen Grup E usai menelan kekalahan mengejutkan 0-1 dari Slovakia pada matchday pertama Euro 2024.

Romelu Lukaku sendiri tampil buruk pada pertandingan tersebut. Tampil penuh 90 menit, striker 31 tahun bertubuh gempal tersebut seringkali gagal dalam mengontrol bola serta membuang banyak peluang bagus Belgia.

Tak pelak, Lukaku kembali jadi meme alias bahan lelucon di media sosial pasca penampilan buruknya di awal Euro 2024 tersebut.

Baca Juga: Turki vs Portugal: Pelatih Respons Wacana Cadangkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024

Kini, Belgia wajib menang saat menghadapi Rumania dalam matchday 2 Grup E di RheinEnergieStadion, Cologne, Jerman, Minggu (23/6/2024) dini hari nanti pukul 02:00 WIB.

Pasalnya, cuma Belgia yang baru nirpoin di grup ini. Rumania, Ukraina dan Slovakia telah sama-sama mengoleksi 3 poin di Grup E.

Belgia asuhan pelatih Domenico Tedesco wajib meraih tiga poin atas Rumania untuk mencegah mereka angkat koper lebih awal dari turnamen ini.

Pemain bertahan Belgia, Jan Vertonghen menyatakan timnya masih bertumpu pada ketajaman Lukaku yang sudah mencetak 85 gol dalam 116 caps bersama Rode Duivels (Setan Merah) --julukan Timnas Belgia.

"Saya sangat percaya pada Lukaku, kami semua percaya pada Romelu. Tidak ada satu pun pemain di tim ini yang lebih saya percayai, baik secara mental maupun kualitas," kata Vertonghen seperti dikutip laman resmi UEFA, Sabtu.

Baca Juga: Imbas Belanda dan Prancis Berbagi Poin di Matchday Kedua, Polandia Angkat Kaki Lebih Dulu dari Euro 2024

"Saya yakin kami akan mencetak gol. Jika tidak, saya khawatir jangan-jangan kami memang tidak memiliki kualitas," sambung eks bek Tottenham yang kini memperkuat Anderlecht di Liga Belgia tersebut.

"Romelu menyukai momen-momen ini, tekanan ada pada dirinya. Saya yakin dia akan fokus ada pada dirinya dan memberikan sumbangsih untuk tim. Dia akan menjawab semua kritikan itu," sesumbar Vertonghen.

Belgia akan tersingkir dari Piala Eropa tahun ini jika kalah dari Rumania. Jika menang, Belgia akan melakoni laga penentuan melawan Ukraina pada matchday pamungkas Grup E Euro 2024, 26 Juni mendatang.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #meski #jadi #meme #romelu #lukaku #tetap #jadi #andalan #utama #selamatkan #muka #belgia #euro #2024

KOMENTAR