Bisakah Ranking FIFA Timnas Indonesia Melejit Naik Jika Juara Piala AFF 2024?
Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:36
18 Juni 2024

Bisakah Ranking FIFA Timnas Indonesia Melejit Naik Jika Juara Piala AFF 2024?

Timnas Indonesia patut memaksimalkan ajang Piala AFF 2024 untuk menambah pundi-pundi poinnya di ranking FIFA meskipun kejuaraan ini digelar di luar kalender FIFA Matchday.

Sebelumnya, eksistensi Piala AFF sempat mendapatkan pandangan sinis dari publik. Pasalnya, turnamen antarnegara Asia Tenggara ini berlangsung di luar agenda FIFA, sehingga dikhawatirkan tak menghasilkan poin bagi Timnas Indonesia.

Namun, ternyata sejak 2016 silam, agenda Piala AFF sudah masuk dalam perhitungan poin FIFA. Status kejuaraan ini sudah dinaikkan dan masuk dalam kategori A atau turnamen kecil di luar konfederasi Asia alias AFC.

Dengan demikian, status turnamen Piala AFF sudah bisa disetarakan dengan pertandingan persahabatan internasional biasa. Ada beberapa perhitungan poin dalam kategori turnamen seperti ini.

Baca Juga: 3 Pemain Lokal Timnas Indonesia Bisa Tergeser Pemain Naturalisasi di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Angka perolehannya ini nantinya dihitung dari beberapa kriteria, mulai dari menang, seri, atau kalah (M), tingkat pertandingan (I), dan lawan yang dihadapi berdasarkan peringkat lawan dan konfederasi (T & C).

Rumus perhitungannya ialah perkalian antara M x I x T & C. Salah satu perhitungan peringkat di Piala AFF akan mengacu pada tingkat seberapa penting pertandingan tersebut (I), dalam hal ini masuk kategori A.

Poin ‘I’ untuk Piala AFF ini memang masuk dalam kategori terendah apabila komparasinya kategori lain. Di atas kategori itu, masih ada kejuaraan-kejuaraan seperti Kualifikasi Piala Dunia atau konfederasi yang dihitung 2,5 poin.

Sementara itu, untuk kategori setingkat konfederasi, poinnya dihitung 3. Adapun pertandingan-pertandingan Piala Dunia dihitung 4 poin. Dengan demikian, meskipun poinnya rendah, kemenangan Piala AFF bakal tetap mempengaruhi peringkat FIFA.

Sebagai informasi, pada kejuaraan Piala AFF 2020 silam, Timnas Indonesia yang sukses melenggang hingga partai final sukses naik dua peringkat dari urutan 166 menuju posisi 164 meski hanya berstatus runner-up.

Baca Juga: Liburan di Bali usai Bela Timnas Indonesia, Jay Idzes Nginep di Hotel yang Harganya Puluhan Juta Semalam

Dengan demikian, Timnas Indonesia patut memaksimalkan Piala AFF 2024 ini untuk mendulang poin tambahan. Apalagi, di kejuaraan ini, anak asuh Shin Tae-yong berpotensi menghadapi lawan-lawan yang peringkatnya lebih tinggi.

Dua negara yang dimaksud ialah Vietnam yang berada di peringkat 115 dengan koleksi 1164.54 poin, sertai Thailand yang saat ini bertengger di posisi 101 FIFA dengan mendulang total 1208.93 poin.

Jika bisa mendapatkan kemenangan melawan dua tim elite di ASEAN ini, posisi skuad Merah Putih di ranking FIFA berpotensi mengalami peningkatan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #bisakah #ranking #fifa #timnas #indonesia #melejit #naik #jika #juara #piala #2024

KOMENTAR