3 Pemain Timnas Indonesia yang Posisinya Terancam Jelang Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Dimas Drajad merayakan gol bersama dengan Ramadhan Sananta (instagram/@Timnas.indonesia)
12:48
18 Juni 2024

3 Pemain Timnas Indonesia yang Posisinya Terancam Jelang Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia memiliki 11 pemain naturalisasi dalam dua pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan jumlah ini diperkirakan akan bertambah pada putaran ketiga.

Timnas Indonesia finis kedua di Grup F, yang memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2027 dan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dimulai pada September 2024.

Ini adalah pencapaian baru bagi Timnas Indonesia, yang sebelumnya hanya sampai babak kedua kualifikasi Piala Dunia.

Sebanyak 18 negara Asia akan memperebutkan delapan tempat AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan undian grup pada 27 Juni 2024.

Baca Juga: Pemain Rp43,45 Miliar Ini Datang, Pratama Arhan Semakin Terpinggir di Timnas Indonesia: Dia Luar Biasa

Beberapa pemain naturalisasi belum mendapat kesempatan bermain, seperti kiper Maarten Paes dari FC Dallas dan penyerang muda Jens Ravens masih membela Timnas U-19.

Kehadiran pemain naturalisasi ini akan mempengaruhi pemain lama, dengan setidaknya tiga pemain terancam posisinya di putaran ketiga.

1. Muhammad Ferarri

Ekspresi bek Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ferarri (tengah) pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]Ekspresi bek Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ferarri (tengah) pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]

Muhammad Ferarri rutin dipanggil Timnas Indonesia, tetapi selalu duduk di bangku cadangan dalam tiga pertandingan terakhir melawan Vietnam, Irak, dan Filipina.

Ferarri sulit bersaing dengan bek berpengalaman seperti Jay Idzes, Justin Hubner, dan Jordi Amat, berbeda dengan Rizky Ridho yang semakin menyatu dengan tim.

Baca Juga: Euro 2024 Bukti Belanda Punya Masalah Serupa Timnas Indonesia

Posisi Ferarri terancam dicoret andai proses naturalisasi Damian van Dijk rampung tepat waktu. Sang pemain diketahui bisa menjadi bek tengah maupun bek kanan.

2. Dimas Drajad

Striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad (depan) berlatih bersama para pemain lain dalam training camp (TC) di Antalya, Turki. [dok. PSSI]Striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad (depan) berlatih bersama para pemain lain dalam training camp (TC) di Antalya, Turki. [dok. PSSI]

Nasib Dimas Drajad mirip dengan Ferarri, sering dipanggil Timnas Indonesia tetapi lebih banyak jadi cadangan. Dia hanya bermain tujuh menit saat Garuda menang 2-0 melawan Filipina pada 11 Juni lalu.

Dengan peluang bermain yang semakin sedikit, Dimas Drajad kemungkinan tidak akan dipanggil lagi, dan Jens Ravens berpotensi dicoba untuk mengisi lini depan Timnas Indonesia.

3. Adi Satryo

Penjaga gawang timnas Indonesia Adi Satryo di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)Penjaga gawang timnas Indonesia Adi Satryo di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Kiper PSIS Semarang ini sering dipanggil Timnas Indonesia, namun baru bermain di empat pertandingan internasional.

Adi Satryo kalah bersaing dengan Ernando Ari, yang lebih dipercaya oleh Shin Tae-yong.

Maarten Paes kemungkinan akan dimainkan dalam putaran ketiga pada September 2024, yang bisa mengubah komposisi kiper dan membuat Adi Satryo tidak dipanggil lagi.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #posisinya #terancam #jelang #putaran #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR