Hasil Euro 2024: Belgia Ditaklukkan Slovakia 0-1
Penyerang Slovakia #26 Ivan Schranz merayakan golnya bersama rekan satu timnya dalam pertandingan sepak bola Grup E UEFA Euro 2024 antara Belgia dan Slovakia di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 17 Juni 2024. Angelos Tzortzinis / AFP
02:12
18 Juni 2024

Hasil Euro 2024: Belgia Ditaklukkan Slovakia 0-1

Timnas Belgia gagal meraih poin setelah ditaklukkan Slovakia 0-1 pada matchday 1 Grup E Euro 2024. Pada laga tersebut, dua gol Romelu Lukaku sempat dianulir.

Pada pertandingan yang digelar di Frankfurt Arena, Senin (17/06/2024) malam WIB, Slovakia menang berkat gol Ivan Schranz di babak pertama.

Sementara Belgia juga sempat memberikan perlawanan ketat kepada Slovakia. Namun dua gol yang dicetak oleh Romelu Lukaku dianulir oleh wasit.

Dengan hasil tersebut Slovakia sementara di posisi kedua Grup E dengan tiga poin diikuti Belgia di posisi ketiga dengan nol poin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tim Lemah di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Ogah Mimpi di Siang Bolong

Jalannya Pertandingan

Belgia sudah menekan Slovakia sejak awal pertandingan. Pada menit ketiga, sebuah peluang yang dimiliki oleh Lukaku masih dapat digagalkan kiper Slovakia, Dubravka.

Namun Slovakia kemudian membuat kejutan. Pada menit ketujuh mereka bisa mencuri gol melalui Ivan Schranz setelah menyambar bola muntahan.

Belgia kemudian coba mencetak gol balasan. Jeremy Doku mendapat ruang menembak dengan kaki kirinya pada menit ke-16. Tapi bola bisa diblok oleh Skriniar.

Peluang juga sempat dimiliki oleh Amadou Onana tapi laju bola masih terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh Martin Dubravka.

Slovakia balik mengancam. Namun tembakan keras kaki kanan Lukas Harasli dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Koen Casteels di menit ke-39. Tak ada gol tambahan sampai turun minum. Belgia 0-1 Slovakia.

Baca Juga: Kemarin Dilupakan, Media Vietnam Sebut Thailand Ingin Undang Timnas Indonesia ke King's Cup 2024

Di babak kedua, Belgia langsung bermain agresif dan bisa mencetak gol pada menit ke-56. Namun gol Romelu Lukaku dianulir wasit setelah dari tayangan ulang VAR, Lukaku terdeteksi terjebak offside.

Pada menit ke-61 peluang kembali didapat Belgia dari sepakan Bakayoko setelah terjadi kemelut di kotak penalti Slovakia. Namun Hancko bisa melakukan blok sebelum bola melewati garis gawang.

Pada menit ke-88. Lukaku berhasil menjebol gawang Slovakia usai mendapat umpan tarik dari Lois Openda. Namun wasit menganulir gol tersebut. Dalam tayangan dari VAR, Openda melakukan handball sebelum memberikan assist.

Belgia masih berusaha mencetak gol penyeimbang di sisa waktu pertandingan. Namun sampai laga berakhir Slovakia masih tetap menjaga keunggulannya 1-0.

Susunan Pemain

Belgia: Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Zeno Debast, Yannick Carrasco, Orel Mangala, Amadou Onana, Jeremy Doku, Kevin De Bruyne, Leandro Trossard, Romelu Lukaku

Pelatih: Domenico Tedesco

Slovakia: Martin Dubravka; David Hancko, Milan Skriniar, Denis Vavro, Peter Pekarik, Ondrej Duda, Stanislav Lobotka, Juraj Kucka, Lukas Haraslin, Robert Bozenik, Ivan Schranz

Pelatih: Francesco Calzona

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #hasil #euro #2024 #belgia #ditaklukkan #slovakia

KOMENTAR