Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Simak Alasannya
Ekspresi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 6 Juni 2024. [Bay Ismoyo / AFP]
15:54
13 Juni 2024

Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Simak Alasannya

Pelatih Shin Tae-yong akan segera meninggalkan Timnas Indonesia pasca membawa Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6/2024).

Hal itu disampaikan asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, yang saat ini juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16 yang bakal tampil di Piala AFF U-16 2024 di Solo.

Menurut Nova, Shin Tae-yong akan meninggalkan Timnas Indonesia mulai 15 Juni mendatang. Sang juru taktik dijadwalkan baru akan kembali akhir bulan depan.

"Coach Shin [Tae-yong] kembali [ke Korea Selatan] 15 Juni dan baru kembali [ke Indonesia] 20 Juli," kata Nova Arianto, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Tak Ada Jadwal Sidang Maarten Paes di CAS, Bagaimana Peluangnya Perkuat Timnas Indonesia?

Perayaan Lolosnya Timnas Indonesia ke Babak Round 3 Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. (pssi.org)Perayaan Lolosnya Timnas Indonesia ke Babak Round 3 Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. (pssi.org)

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada Selasa (11/6/2024).

Dalam matchday terakhir atau keenam Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, skuad Garuda tampil dominan. Masing-masing gol Merah Putih dicetak Thom Haye dan Rizky Ridho.

Kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia finis kedua di Grup F dengan koleksi 10 poin. Mereka menemani pemuncak klasemen Irak untuk melangkah ke putaran ketiga.

Pencapaian ini menjadi sejarah tersendiri bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, ini merupakan kali pertama skuad Merah Putih berhasil melangkah ke fase tersebut.

Selepas tampil di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bulan ini, Timnas Indonesia akan "libur" cukup lama.

Baca Juga: Klub Wajib Lepas Pemain saat Jadwal Padat Timnas Indonesia Akhir Tahun 2024, Liga 1 Bakal Ditunda?

Mereka tercatat baru akan kembali memainkan laga tepatnya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Selain itu, skuad Garuda juga ditunggu ASEAN Cup atau Piala AFF 2024 di akhir tahun tepatnya pada Desember mendatang.

Nova Arianto yang kini mengalihkan fokus memimpin Timnas Indonesia U-16, menjelaskan bahwa Shin Tae-yong memberi pesan penyemangat kepadanya dalam mengarungi Piala AFF U-16 2024 di Solo yang akan berlangsung pada 21 Juni hingga 4 Juli mendatang.

"Saya sudah ijin dengan coach Shin [Tae-yong] karena harus kembali ke Solo," kata Nova Arianto.

"Beliau berpesan agar memberikan yang terbaik, sukses dan apa yang dipersiapkan selama ini berjalan sesuai rencana."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #tinggalkan #timnas #indonesia #simak #alasannya

KOMENTAR