Ali Jasim
Penyerang Irak Ali Jasim selebrasi usai mencetak gol kedua timnya pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Irak melawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
19:06
8 Juni 2024

Ali Jasim

Ali Jasim adalah pesepak bola profesional asal Irak yang belakangan menjadi mimpi buruk buat Timnas Indonesia. Di usia yang masih 20 tahun, Ali Jasim dijuluki sebagai salah satu wonderkid Irak.

Pada pertandingan Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Ali Jasim menyumbang satu gol dalam kemenangan Irak 2-0.

Ini bukan kali pertama Ali Jasim menjadi mimpi buruk buat Indonesia. Pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, Ali Jasim juga menjadi penentu kemenangan Irak U-23 atas Timnas Indonesia U-23 lewat golnya di babak tambahan.

Biodata Ali Jasim

Baca Juga: Satu Lagi Pemain Keturunan Indonesia Bersalaman dengan Erick Thohir, Main di Liga Yunani

Sosok dengan nama lengkap Ali Jasim Elaibi Al-Tameemi ini lahir di Baghdad, Irak, pada 20 Januari 2004. Ia punya tinggi 178 cm dan berposisi sebagai penyerang atau winger.

Perjalanan Karier Klub Ali Jasim

Ali Jasim merupakan produk binaan dari klub kasta tertinggi Irak, Al-Naft. Pada 2018, ia bergabung dengan klub Irak lainnya, Al-Karkh.

Bahkan di usia yang baru 14 tahun, ia sudah melakoni debut profesional di Liga Irak bersama Al-Karkh, pada November 2018. Ia bahkan sudah mencetak gol di laga profesional saat berusia 15 tahun.

Dua tahun di Al-Karkh, Ali Jasim pindah ke klub raksasa Irak, Al-Shorta, pada 2020. Pada musim perdana dan satu-satunya ia di Al-Shorta, ia mencatatkan 9 penampilan di Liga Irak.

Baca Juga: Menpora Minta Pemain Timnas Indonesia Jangan Baper Dengar Kritik Pedas Suporter

Hanya satu musim di Al-Shorta, Jasim pindah ke Al-Kahrabaa. Di sini ia semakin mendapat banyak kesempatan bermain hingga mencuri perhatian klub-klub Eropa.

Ia sempat dikabarkan menjadi incaran klub Belgia, K.A.A Gent, dan dua klub Turki, Trabzonspor juga Antalyaspor. Ia pun bergabung ke Antalyaspor pada Juli 2023, tapi hanya dua hari berselang ia memutuskan kontrak karena alasan pribadi.

Ali Jasim kembali ke Al-Kahrabaa, tapi langsung dipinjamkan ke Al-Quwa Al-Jawiya pada Agustus 2023. Di Al-Quwa,  Jasim semakin tajam dengan mencetak 4 gol di Liga Champions Asia 2023/24 sehingga menjadi pemain termuda dengan catatan gol terbanyak di ajang tersebut sepanjang sejarah.

Menariknya, Ali ternyata sempat mengalahkan klub Liga Arab Saudi, Al Ittihad 2-0 di laga Liga Champions Asia musim 2023/2024. Satu dari dua gol berhasil ia bobol ke gawang klub yang diperkuat oleh Karim Benzema dan N'Golo Kante tersebut.

Karier Ali Jasim di Timnas Irak

Ali Jasim sudah menjadi bagian dari Timnas Irak sejak kelompok umur U-17 hingga terakhir memperkuat Irak U-23. Bersama Irak U-20, Jasim menjadi runner-up Piala Asia U-20 2023.

Ali Jasim juga menjadi bagian dari Irak U-20 yang bermain di Piala Dunia U-20 2023, kendati mereka tersingkir di babak penyisihan grup usai tidak meraih kemenangan dalam tiga laga.

Pada Oktober 2023, Ali Jasim melakoni debutnya bersama Timnas Irak senior. Hingga saat ini ia sudah mencatatkan 11 caps dengan torehan satu gol, uniknya gol debut tersebut dicetak melawan Timnas Indonesia kemarin.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jasim

KOMENTAR