Malik Risaldi
Penyerang sayap Madura United, Malik Risaldi. [IG Malik Risaldi]
19:30
2 Juni 2024

Malik Risaldi

Malik Risaldi merupakan pesepak bola Indonesia yang namanya belakangan melejit usai tampil memukau di Liga 1 2023/24.

Atas penampilan impresif itu pula, Malik untuk pertama kalinya mendapat panggilan dari Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia.

Meski usianya kini sudah 27 tahun atau cukup jauh dari biasa rata-rata pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dari Liga 1, Malik menjanjikan sederet hal baru buat Timnas Indonesia racikan pelatih asal Korea Selatan itu.

Malik Risaldi sendiri dipanggil usai Yance Sayuri dicoret karena lagi-lagi mengalami cedera. Namanya begitu menggoda usai menjadi pemain lokal tersubur di Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Tanzania Masih Sama Kuat di Babak Pertama, Rafael Struick Beberapa Kali Buang Peluang

Biodata Malik Risaldi

Pemain bernama lengkap Malik Risaldi ini lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 23 Oktober 1997. Posisi aslinya adalah winger kanan, tapi Malik juga bisa beroperasi sebagai winger kiri.

Perjalanan Karier Malik Risaldi

Sepak bola buat Malik sudah muncul sejak masa kanak-kanak. Ia memulai semua karir itu pada medio 2010 ketika bergabung ke WCP Academy.

Tiga tahun berada di sana, Malik melanjutkan menimba ilmu sepak bola di akademi Gresik United dan pindah ke Persela Lamongan U-21 pada 2016.

Baca Juga: Perbandingan Harga Pasar Malik Risaldi vs Rafael Struick, Unggul Jauh di Atas

Karier profesional Malik justru dimulai dengan hijrah ke Aceh United pada 2017. Ia lalu sempat pulang ke Gresik United, lalu pindah kembali ke Persela Lamongan pada 2019.

Pada musim perdana di tim utama Persela, Malik tampil menjanjikan dengan catatan 3 gol dan 5 assist dari 29 penampilan di semua ajang.

Sayang musim keduanya di Persela terhalang oleh pandemi Covid-19. Kendati begitu, Malik tetap tampil ciamik di musim 2021 dengan catatan 32 penampilan berkoleksi 3 gol dan 2 assist.

Usai gagal menyelamatkan Persela dari degradasi usai Liga 1 2021/22 rampung, Malik Risaldi pindah ke Madura United yang memboyongnya pada April 2022.

Malik Risaldi sempat kesulitan pada musim perdananya bersama Madura United, tapi bangkit dan bersinar di musim 2023/24 bersama Laskar Sape Kerrab dengan torehan 13 gol dan 4 assist.

Karier di Timnas Indonesia

Malik Risaldi resmi dipanggil ke Timnas Indonesia untuk pertama kalinya yang akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Juni 2024.

Malik menjadi satu-satunya debutan dari daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #malik #risaldi

KOMENTAR