Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam Saat Berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/asnawi_bhr)
12:06
2 Juni 2024

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam adalah pesepak bola sekaligus kapten Timnas Indonesia yang kini merumput di Liga Thailand bersama Port FC.

Namanya semakin dikenal setelah memutuskan berkarier di luar negeri pada 2021 lalu. Asnawi pergi ke Liga 2 Korea Selatan untuk membela Ansan Greeners.

Hingga saat ini Asnawi masih memupuk impiannya untuk berkarir abroad kendati harus kembali ke Asia Tenggara, tepatnya di Thailand.

Biodata Asnawi Mangkualam

Baca Juga: Belajar dari Malik Risaldi, Kerja Keras dan Konsistensi Tinggi yang Berbuah Panggilan Timnas

Sosok dengan nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar ini lahir di Makassar pada 4 Oktober 1999. Ia merupakan putra dari Bahar Muharram yang merupakan mantan pesepak bola Indonesia.

Asnawi juga kakak dari pemain PSM Makassar dan penggawa Timnas U-20, Sulthan Zaky. Sehingga dirinya memang berasal dari keluarga yang kental dengan sejarah sepak bola.

Karier Klub Asnawi Mangkualam

Asnawi merupakan jebolan akademi PSM Makassar. Ia sempat menjadi bagian PON Sulawesi Selatan dan bergabung ke Persib Bandung U-21.

Namun, karier profesionalnya justru pertama kali dimulai pada 2015 bersama Persiba Balikpapan. Saat itu Asnawi cuma bermain di Indonesia Soccer Championship setelah ISL dibekukan akibat PSSI disanksi FIFA.

Baca Juga: Dipanggil ke Timnas Indonesia, Harga Pasaran Malik Risaldi Diprediksi Bakal Melambung

Penampilan Asnawi di Persiba cuma 8 kali dengan catatan 2 gol, sebelum akhirnya memutuskan pulang ke PSM Makassar pada Liga 1 2017.

Asnawi langsung menjadi pemain muda yang menonjol di Liga 1, terlebih saat membawa PSM menjuarai Piala Indonesia 2018/19.

Setelah Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi, Asnawi mengambil langkah berani dengan pergi ke Korea Selatan untuk membela Ansan Greeners di K League 2 2021.

Pemain berusia 24 tahun itu cukup tampil impresif selama dua musim bersama Ansan dengan catatan 42 penampilan di semua ajang.Asnawi lalu bergabung dengan tim lebih besar di K League 2 2023 yaitu Jeonnam Dragons. Di sana ia juga tampil impresif dengan torehan 27 penampilan.

Setelah kontraknya tidak diperpanjang Jeonnam, Asnawi menerima pinangan Port FC untuk tampil di Liga Thailand pada 26 Januari 2024.

Kontrak Asnawi Mangkualam Bahar di Port FC berlaku hingga Juni 2025 atau sampai Liga Thailand 2024/25 nanti rampung.

Karier di Timnas Indonesia

Asnawi sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-16, U-19, hingga U-23 sejak masih remaja. Ia menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia yang meraih medali perak SEA Games 2019.

Bahkan Asnawi sudah mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia sejak 2017. Namun, butuh waktu lama buat Asnawi mendapat panggilan ke timnas senior lagi.

Baru pada November 2021 Asnawi kembali dipanggil ke Timnas Indonesia yang saat itu dipimpin pelatih Shin Tae-yong. Di bawah arahan Shin, Asnawi jadi andalan dan ditunjuk jadi kapten.

Sejauh ini Asnawi Mangkualam Bahar sudah mencatatkan 41 caps buat Timnas Indonesia dengan torehan 2 gol.

Prestasi Asnawi Mangkualam

PSM Makassar

1x Juara Piala Indonesia 2018/19

Timnas Indonesia U-23

2x Medali Perunggu SEA Games 2017, 2021

1x Medali Perak SEA Games 2019

1x Juara Piala AFF U-22 2019.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #asnawi #mangkualam

KOMENTAR