Calvin Verdonk
Pemain Belanda keturunan Indonesia yang bermain untuk klub NEC Nijmegen, Calvin Verdonk. (ANTARA/X/NEC Nijmegen)
21:42
21 Mei 2024

Calvin Verdonk

Calvin Verdonk semakin ramai diperbincangkan karena proses naturalisasinya kini dikabarkan sudah masuk ke DPR RI.

Pemain yang kini membela klub Eredivisie Belanda, NEC Nijmegen, itu memang menjadi salah satu pemain keturunan selanjutnya yang diproyeksikan segera menjadi WNI.

Jika semua prosesnya lancar, bukan tidak mungkin Verdonk bisa segera membela Timnas Indonesia pada laga-laga selanjutnya.

Biodata dan Asal Usul Calvin Verdonk

Sosok dengan nama lengkap Calvin Ronald Verdonk ini lahir di Dordrecht, Belanda, pada 26 April 1997. Usianya sudah 27 tahun dan punya tinggi 174 cm.

Meski lahir dan besar di Belanda, Verdonk ternyata punya darah keturunan Indonesia. Ayah Verdonk berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, sehingga dia memiliki darah Indonesia dalam dirinya.

Menilik asal usul darah Indonesia yang dimiliki dari ayahnya, artinya Verdonk punya ikatan dekat dan sangat kuat dengan Indonesia.

Kakek nenek dari keluarga ayahnya itu juga berasal dari Meulaboh. Sementara itu, ia mengakui bahwa ibu kandungnya memang warga negara asli Belanda.

“Ayahku yang berasal dari Indonesia. Dia full berstatus sebagai warga negara Indonesia, karena dia lahir di sana juga,” kata Calvin Verdonk dalam sesi bincang-bincang di kanal YouTube Yussa Nugraha.

“Oma dan opa dari keluarga ayahku lahir di sana juga. Sedangkan ibuku berasal dari Belanda. Mereka berasal dari Meulaboh. Saya tidak begitu yakin bagaimana cara mengucapkannya,” tambahnya.

Karier Calvin Verdonk

Karier sepak bola Verdonk dimulai dari VV Wieldrecht sebelum kemudian bergabung dengan SC Amstelwijck pada tahun 2005.

Bakatnya terdeteksi oleh klub besar Belanda, Feyenoord, di mana Verdonk bergabung dengan tim junior sejak tahun 2005 hingga akhirnya promosi ke tim senior pada 2015.

Namun waktu Verdonk di Feyenoord lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman. Verdonk menghabiskan waktunya dipinjamkan ke beberapa klub seperti PEC Zwolle, NEC Nijmegen, dan Twente.

Musim terbaik Verdonk bersama Feyenoord hanya hadir pada 2018/19 ketika ia mencatatkan 18 penampilan dengan Eredivisie.

Akhirnya pada tahun 2020, Verdonk memutuskan merantau ke klub kasta tertinggi Portugal, Famalicao. Ia dikontrak selama empat tahun di sana.

Akan tetapi ia cukup sulit mendapat tempat di sana dengan hanya tampil 12 kali di musim 2020/21. Akhirnya ia dipinjamkan ke NEC Nijmegen pada musim 2021/20.

Di NEC Calvin Verdonk mulai bangkit dan mendapat menit bermain. Di musim 2021/22 itu, ia tampil dalam 24 laga dengan torehan 2 gol.

Oleh karena itu NEC mempermanenkan Verdonk pada Juni 2022. Sejak saat itu ia selalu menjadi andalan di sektor bek kiri.

Sepanjang musim 2023/24, Verdonk sudah tampil 39 kali di semua kompetisi dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Karier Calvin Verdonk di Timnas Belanda

Di level junior, Calvin Verdonk kerap menjadi andalan Timnas Belanda. Ia sudah membela tim kelompok umur Belanda dari U-15 hingga U-21.

Verdonk bahkan tampil di kejuaraan-kejuaraan resmi. Ia menjadi runner-up Euro U-17 2014 bersama Belanda U-17, lalu tampil di Euro U-19 2016.

Namun demikian, kariernya di level junior yang cukup impresif itu tidak mampu membawa Calvin Verdonk dilirik untuk tampil di tim senior Belanda.

Sehingga kondisi itu membuatnya realistis dan memilih untuk dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Prestasi Calvin Verdonk

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Calvin Verdonk meraih tiga gelar kolektif yang semua didapatkan saat membela Feyenoord.

Di level junior, ia tercatat membawa Feyenoord U-17 menjuarai Liga Belanda U-17 2014.

Di level senior, Calvin Verdonk menjuarai Piala Belanda musim 2015/16 dan mengantarkan Feyenoord juara Piala Super Belanda 2019.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #calvin #verdonk

KOMENTAR