AFC Sebut Justin Hubner Absen Lawan Irak karena Akumulasi Kartu, Padahal Regulasinya Tidak Begitu
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner saat melawan Yordania di Piala Asia U-23 (pssi.org)
11:42
2 Mei 2024

AFC Sebut Justin Hubner Absen Lawan Irak karena Akumulasi Kartu, Padahal Regulasinya Tidak Begitu

Nasib Justin Hubner masih tanda tanya jelang melawan Irak di perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024).

Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan diperkuat Rizky Ridho ketika melawan Irak. Pemain yang menjabat sebagai kapten ini mendapat kartu merah langsung di semifinal melawan Uzbekistan.

Mengejutkannya AFC justru memberi kabar buruk lagi untuk Garuda Muda. Selain Rizky Ridho, Justin Hubner juga akan absen membela timnas Indonesia U-23.

Memang di laga melawan Uzbekistan, bek Cerezo Osaka tersebut diganjar kartu kuning usai menjegal pemain lawan.

"Shin Tae-yong akan memimpin tim debutan dengan tidak tersedianya kapten Rizky Ridho dan Justin Hubner yang merupakan komponen kunci dari tiga pertahanan," tulis lapran AFC.

Padahal di regulasinya, Justin Hubner seharusnya bisa bermain. Sebab, ia mendapatkan 'pemutihan'.

"Setiap pemain yang berpartisipasi atau ofisial yang berpartisipasi dalam babak grup dan perempat final hanya enerima satu peringatan (kartu kuning) tidak akan membawa peringatan tersebut ke semifinal," aturan yang tertuang di regulasi 54.1.4.

Adapun Justin Hubner sendiri mendapatkan satu kartu kuning saja di fase grup ketika melawan Yordania. Ia bermain aman ketika menghadapi Korea Selatan.

Akan tetapi, Hubner baru mendapatkan kartu kuning lagi saat melawan Uzbekistan. Melihat dari regulasi itu, pemain berusia 20 tahun ini seharusnya bisa tampil dan tidak absen seperti yang AFC sebut.

Editor: Arif Budi

Tag:  #sebut #justin #hubner #absen #lawan #irak #karena #akumulasi #kartu #padahal #regulasinya #tidak #begitu

KOMENTAR