Shin Tae-yong Minta Tolong AFC Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Irak, Kenapa?
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)
18:06
1 Mei 2024

Shin Tae-yong Minta Tolong AFC Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Irak, Kenapa?

Pelatih Shin Tae-yong meminta tolong kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) jelang laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong dalam konferensi pers sehari jelang laga. Dia meminta AFC untuk memberi perlakuan setara pada seluruh tim alias adil dan netral.

Pernyataan juru taktik asal Korea Selatan itu merujuk pada situasi laga semifinal di mana Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Uzbekistan pada Senin (29/4/2024).

Meski mengakui kemenangan lawan, Shin Tae-yong menyoroti kinerja wasit asal China, Shen Yinhao yang dianggap banyak membuat keputusan yang merugikan Garuda Muda.

"Lawan Irak adalah laga perebutan tempat ketiga [Piala Asia u-23 2024]. Semua tim tentu akan melakukan yang terbaik," ujar Shin Tae-yong kepada awak media, Rabu (1/5/2024).

Kolase Timnas Indonesia U-23 vs Irak. (Dok. PSSI & Irak FA)Kolase Timnas Indonesia U-23 vs Irak. (Dok. PSSI & Irak FA)

"Saya berharap semoga AFC menolong kami. Agar laga ini bisa berjalan bagus," tambahnya.

STY lebih jauh menyebut kritiknya terhadap AFC bukanlah bagian dari psywar untuk menekan wasit memihak Indonesia. Sebaliknya, dia merasa perlu melakukannya agar AFC bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

"Saya ingin mereka berkembang, dan semua pemain dan juga level permainan di AFC berkembang. Itu yang saya harapkan," kata Shin Tae-yong.

Kontroversi keputusan wasit kerap menjadi bumbu-bumbu drama di Piala Asia U-23 2024. Sebelum menghadapi Uzbekistan, Garuda Muda lebih dulu dinilai dapat perlakuan tak adil saat melawan Qatar di fase grup.

Salah satu keputusan kontroversial wasit di laga kontra Qatar adalah saat Ivar Jenner diberi kartu kuning kedua meski dalam tayangan ulang sama sekali tidak melakukan pelanggaran.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #minta #tolong #jelang #timnas #indonesia #irak #kenapa

KOMENTAR